Mahasiswa Demo Di Kantor Bupati Palas, Sebut Bupati “Banci”

Aliansi Mahasiswa Barteng sedang melakukan aksi unjukrasa dan mendapat pengawalan banyak polisi, di Kantor Bupati Palas, Jumat (8/8)

Palas | Sejumlah mahasiswa yang menamakan diri Aliansi Mahasiswa Eks Barteng melakukan aksi unjukrasa ke Kantor Bupati Padang Lawas (Palas) di Desa Sigala-gala Sibuhuan, sekitar pukul 11 Wib, pada Jumat (8/8) kemarin.

Dengan jumlah massa yang sedikit, tidak sampai sepuluh orang tidak menyurutkan semangat mereka menyampaikan aspirasi kepada Bupati Palas, yaitu meminta Bupati Palas Ali Sutan Harahap (TSO) untuk mencopot Ir Ulil Fadil Nasution  sebagai Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum Daerah Kabupaten Palas.

Setelah sekian lama melakukan orasi di depan Kantor Bupati Palas selama setengah jam, tidak ada satupun pejabat yang menemui mereka. Sampai mahasiswa tersebut berteriak-teriak didepan Kantor Bupati, sampai-sampai menyebut Bupati “Banci”. Begitupun tidak ada pejabat yang menemui mahasiswa tersebut untuk menjawab aspirasinya.

Sekitar pukul 12.00 Wib, Asisten II Abdul Rahim Hasibuan dan Asisten III Samsul Anwar Lubis menemui mahasiwa, dan kemudian memanggil Kadis PU yang kebetulan sedang dikerumuni wartawan yang sedang konfirmasi. Setelah itu Kadis PU, Asisten II, Asisten III menuju salahsatu ruangan bersama  satu perwakilan mahasiswa dengan pintu ruangan yang tertutup. Setelah itu, wartawan masuk ke ruangan tersebut, pertemuan  tersebut langsung bubar.

Setelah itu, perwakilan mahasiswa itu mengatakan demo lagi dan kembali ke depan Kantor Bupati. Sekitar satu menit, perwakilan tersebut kembali berusaha menjumpai Kadis PU, sekaligus mengatakan akan  menindaklanjuti  ke Medan. Kadis PU tidak mau lagi menemui perwakilan mahasiswa tersebut, dengan alasan mau sholat jumat.

Baca Juga :  Bupati Tapanuli Selatan Kukuhkan 5 Ormas dan Wirausaha di Tapsel - Gus Irawan Dapat Pin Kehormatan

Karena suasana yang mulai tidak terkendali, Kasat Sabhara Polres Tapsel JW Sijabat langsung tanggap dan mengatakan kepada mahasiswa untuk keluar dari Kantor Bupati. “Berdasarkan Undang-Undang, sekarang keluar dari ruangan ini,” teriaknya. Dan suasana yang ‘panas’ di Kantor Bupati kembali mereda dan terkendali.

Kepala Dinas PU Palas, Ir Ulil Fadil Nasution yang sudah dijumpai wartawan terkait aksi unjuk rasa tersebut, tidak banyak komentar dengan suara tertatih dan nggak jelas kedengaran. Dengan sesekali mengusap kepala dengan sapu tangan, seperti sedang mengkompres.

Adapun pernyataan sikap mahasiswa yang demo tersebut, yaitu menuntut Kadis PU Palas bertanggungjawab atas proyek rehabilitasi jalan Binangan Tolu – Gunung Manaon yang dikerjakan asal jadi dan tidak sesuai Bestek, pembangunan kantor SKPD Dinas Pemuda dan Olahraga dan kantor SKPD BP4K yang diduga fiktif, pengadaan alat-alat berat yang nilainya milyaran telah diseludupkan, Copot Kadis PU Palas karena merugikan uang rakyat, pembangunan jembatan huristak, dan terakhir, apabila tuntutan mereka tidak mendapat respon 2×24 Jam, mereka akan melakukan aksi besar-besaran di Kabupaten Padang Lawas. Pernyataan sikap tersebut ditandatangani oleh Kahar Al-Faqih Siregar sebagai Peminpin Aksi dan Rudi Lubis sebagai Koordinator Lapangan.

Penulis : Sahat Gemayel Lubis

 

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Gerakan Rakyat Berjuang (GRB) Unjuk Rasa Minta Kapolsek Barumun Tengah Dicopot

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*