Main Under di Duel Villa-MU

Pertarungan Aston Villa lawan Manchester United di Stadion Villa Park memunculkan data yang sulit diraba. Setan Merah punya rekor bagus di kandang Villa. Dalam 14 lawatan ke Villa Park, sembilan kali Manchester United pulang mengepak tiga angka.
Ini lapangan yang bagus untuk bermain. Punya seting yang fantastis yang membuat rasanya enak. Lapangannya selalu bagus dan setiap pertandingan terlihat bagai pertarungan besar, ujar gelandang United, Darren Fletcher.
Villa memang lebih sering menang di sini. Tapi, terakhir itu terjadi hampir tiga tahun lalu. Mereka mengalahkan Villa 2-0 lewat gol Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney di sembilan menit terakhir. Hari ini, Ronaldo dan Rooney tak ada di ujung serangan United.

Darren Fletcher Antonio Valencia 2387620 Main Under di Duel Villa MU
Valencia & Darren Fletcher.

Villa, utamanya pelatih Gerard Houllier, juga punya modal untuk optimistis. Semasa masih menukangi Liverpool, lima kali dia membawa klubnya menaklukkan Manchester United.
Sir Alex sampai bilang ke saya, Anda orang paling sukses menghadapi Manchester United, bahkan melebihi Bob Paisley. Tapi, mereka memenangkan gelar lebih banyak, katanya.
Houllier pun sadar, Aston Villa bukan Liverpool. Dia tahu, sudah lama Villa tak pernah menang di hadapan publiknya menghadapi Setan Merah. Dia percaya, sekali waktu rekor itu akan terhentikan juga.
Sebenarnya sudah terhenti tahun lalu karena Villa menang di Old Trafford untuk pertama kalinya dalam sekitar 25 pertandingan, katanya.
Itulah sebabnya, dia meminta pemain-pemain muda Aston Villa yang bakal diturunkannya, tak gentar dengan nama besar Manchester United. Pemain-pemain seperti Nathan Delfouneso, Barry Bannan, Mark Albrighton, atau Ciaran Clark harus mampu memanfaatkan kesempatan jika diturunkan.
Kenapa harus menurunkan pemain muda lawan United? Pelatih asal Prancis itu tak punya banyak pilihan. Sejumlah pemain utamanya mengalami cedera. Houllier bahkan belum tentu bisa menampilkan gelandang Stephen Ireland. Kemarin, dia absen dalam latihan karena terserang sakit.
Villa kemungkinan saja bakal kehilangan delapan pemain kncinya. Carlos Cueller dipastikan absen karena cedera betis menjelang lawan Blackpool. Bek lainnya, Habib Beye pun harus berjuang memulihkan kondisinya akibat engkelnya terganggu saat pemanasan.
Pemain lainnya, Stiliyan Petrov, Nigel Reo-Coker, John Carew, Emile Heskey, Steve Sidwell, dan Fabian Delph dipastikan absen karena cedera. Carew dan Heskey adalah motor lini depan. Houllier terpaksa memanggil striker lain, Gabriel Agbonlahor kendati dia baru saja pulih dari cederanya.
Saya menyesal, sejumlah pemain tak bisa tampil. Dalam partai seperti ini, kita butuh pemain berpengalaman. Tapi saya senang, para pemain muda dapat pengalaman dan kesempatan untuk masa depannya, katanya.
United bukan tanpa persoalan. Bek sayap Prancis, Patrice Evra belum tentu bisa dimainkan. Dia mengalami cedera dalam derby Manchester. Dia sudah mulai berlatih kemarin dan membawa harapan bisa main.
Tapi, bek kanan Rafael sudah pasti absen karena cedera. Paul Scholes, gelandang veteran, juga tak bisa ditampilkan karena menjalani sanksi skorsing.
Persoalan terbesar United justru di lini depan. Trio penyerang, Wayne Rooney, Michael Owen, dan Valencia, masih bergulat dengan cedera. Baik Dimitar Berbatov maupun Nani tampil sesuai arah angin.
Itu pulalah sebabnya, musim ini, meski jadi satu-satunya klub yang belum pernah kalah, United pun jarang menang. Setelah memainkan 12 partai, baru enam kali mereka menang. Sisanya seri.
Hasil seri ini pulakah yang akan terjadi malam ini? Bisa jadi. Dengan begitu, tentu selayaknya tahan bawah karena Manchester United memberikan voor balik 0,75 bola untuk tuan rumah. Kalaupun United menang selisih satu gol, yang tahan bawah hanya kalah separuh.
Tetapi, tentu yang lebih menarik adalah main bola jalan. Kuncinya ada dua: perhatikan pemain muda Villa dan ketajaman striker United. Jika pemain muda tuan rumah tak gentar dengan nama besar lawan, bisa lanjutkan tahan bawah. Juga, kalau barisan penyerang United tak efektif, lanjutkan pegang Villa. Tapi bila kebalikannya yang terjadi, Anda tentu harus cuci di babak kedua.
Pilihan lain yang menarik adalah under 2,25 gol. Kedua tim kehilangan banyak penyerangnya. Yang tersisa pun, efektivitasnya masih diragukan. Ingat pula, Brad Freidel, kiper Villa, bila pada performa terbaik, akan sangat sulit ditembus.

Baca Juga :  Kesuksesan Persib "Guncang" Dunia Maya

Prakiraan pemain
Aston Villa (4-4-2)
: 1-Friedel: 2-L Young, 5-Dunne, 29-Collins, 3-Warnock; 12-Albrighton, 25-Bannan, 21-Clark, 6-Downing, 7-A Young, 11-Agbonlahor.
Pelatih: Gerard Houllier
Manchester Unied (4-2-3-1): 1-Van der Sar: 6-Brown, 5-Ferdinand, 15-Vidic, 3-Evra, 22-OShea, 16-Carrick, 17-Nani, 24-Fletcher, 13-Park, 9-Berbatov.
Pelatih: Sir Alex Ferguson. (inilah.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*