Malaria mewabah di Kecamatan Ulu Barumun

Malaria mewabah di Kecamatan Ulu Barumun

Monday, 25 January 2010 – www.harian-global.com

Malaria mewabah di Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten PadanglLawas (Palas). Sebanyak 72 warga telah terjangkit penyakit menular itu. Demikian dikatakan Kepala Puskesmas (Kapus) Paringgonan Sri Purnama Daulay, akhir pekan lalu.

Sri Purnama menjelaskan, dari data pihak puskesmas, dari 15 desa di wilayah tugasnya terdapat 5 desa yang terjangkit wabah Malaria jenis bakteri farce varum itu, yakni . Pasar Ipuh, Paringgonan, Paringgonan Julu, Paran Batu dan Sibual-buali.

Dikatakan Kapus Paringgonan, warga yang dinyatakan positif terjangkit diberi pengobatan secara gratis berupa obat Artesdiaquine,Clean Swab, dan Quinine.

Pihaknya juga telah melakukan upaya antisipasi agar bakteri tidak menyebar lebih luas lagi dengan melakukan fooging (pengasapan) selama dua hari pada 20-21 Januari dan juga membagi kelambu permanen kepada warga yang sudah terjangkit.

Sementara Kadis Kesehatan dan Sosial Palas Drs H Ahmadi Hutagalung melalui Kabid Pencegahan dan Pembrantasan Penyakit (P2P) H Gojali AMK SE menyebutkan, pihaknya akan memberi ABT disamping penyemprotan fooging dan pemberian kelambu dan pengobatan gratis.

Ditambahkan, wabah penyakit ini sebelumnya juga menjangkit Desa Siali-Ali wilayah kerja Puskesmas Latong sekitar bulan September 2009 lalu. Malah jumlah penderita lebih tinggi dari Kecamatan Ulu Barumun.

Dikatakan bahwa berdasarkan hasil survei, Kecamatan Ulu Barumun tidak termasuk daerah endemis atau rentan penyakit malaria. Daerah endemis itu di Kecamatan Lubuk Barumun, Barumun Tengah, Sosa dan Hutaraja Tinggi.

Baca Juga :  Pelamar CPNS Palas Tembus 2.108

Makanya pihak Dinkessos telah mengambil sample 1.800 warga Palas, guna memastikan status daerah lain. “Paling lambat bulan Februari 2010, tiga puskesmas diluar 5 puskesmas yang statusnya sudah endemis, akan diketahui statusnya,” ujarnya.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

4 Komentar

    • Secara Langsung kami tidak dapat berikan jawaban pasti karena kami selanjutnya hanya dapatkan info bahwa masalah ini telah di Tangani jleasnya anda dapat baca rilis berikut:

      72 warga Ulu Barumun terjangkit malaria
      Warta – Sumut
      WASPADA ONLINE

      PADANG LAWAS – 72 warga kecamatan Ulu Barumun, kabupaten Padang Lawas terjangkit wabah malaria farce varum. Penyakit menular itu telah mewabah beberapa minggu belakangan ini.

      Kepala Puskesmas Ulu Barumun, Paringgonan Sri Purnama Daulay, tadi malam, mengatakan, penyakit menular yang disebabkan serangan nyamuk itu diperkirakan mulai menjangkiti warga sejak 12 Januari 2010.

      “Dari data yang diperoleh, telah 72 warga terserang penyakit menular itu,” katanya.

      Dikatakan, dari 15 desa yang ada di wilayah kerjanya, 5 desa terjangkit wabah penyakit malaria jenis bakteri farce varum, termasuk desa Pasar Ipuh, Paringgonan, Paringgonan Julu, Paran Batu, dan desa Sibual-Buali .

      Hasil pemeriksaan darah melalui jenis pemeriksaan malaria Ag PF, katanya, 72 warga dinyatakan positif terkena wabah penyakit itu. Dikatakan, warga yang dinyatakan positif terjangkit diberi pengobatan secara gratis, termasuk jenis obat Artesdiaquine, Clean Swab dan Quinine.

      “Sejak mengetahui adanya wabah itu, pihak Dinkes Palas melalui Puskesmas Paringgonan melakukan upaya antisipasi agar bakteri tidak menyebar luas atau menular ditengah masyarakat,” katanya.

      Upaya mengantisipasi agar tidak penularan secara dratis, tambahnya, pihaknya melakukan pengasapan selama dua hari, di desa dimana virus berkembang. Selain itu, pihaknya juga membagi kelambu permanen kepada warga yang sudah terjangkit.

      Sumber asli: http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=84343:72-warga-ulu-barumun-terjangkit-malaria&catid=15&Itemid=28
      salam dari kami https://apakabarsidimpuan.com

  1. KETAB0 DONGAN SASUDENA …….
    SO ITA PAIAS PAKARANGANTA, ANSO ULANG RO PENYAKIT I TU HITA….

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*