Malaysia Mengklaim Pulau Sumatra Milik Malaysia

Ada apa dengan Malaysia. Seakan tak henti-hentinya menyentuh dan mengusik hati bangsa Indonesia. Dari mulai kesenian angklung, kesenian reog sampai pulau pun menjadi incarannya.

12961303731756613252 Malaysia Mengklaim Pulau Sumatra Milik MalaysiaMenurut berita yang saya baca, Malaysia memposting salah satu tulisan yang menyebutkan bahwa “Pulau Sumatera seharusnya milik Malaysia”. Postingan yang ditemukan dari akun Mohd Am menytakan, berdasarkan sejarah zaman Belanda, pulau Indonesia itu seharusnya menjadi bagian dari negara Malaysia.

“Kerajaan Johor berjaya mengembangkan ekonominya dan menjadi kuasa politik terpenting sesuai dengan lokasinya di laluan perdagangan timur-barat. Di zaman kegemilangan Johor, negeri ini pernah menjadi sebuah empayar besar yang mana kekuasaannya mewarisi sebahagian jajahan takluk Melaka. Empayar Johor termasuklah sampai ke Terengganu di semenanjung, kepulauan Riau-Lingga dan sebahagian pantai timur Sumatera,” tulis postingan tersebut, yang okezone kutip, Kamis (27/1/2011).

“Berdasarkan fakta historik ini adalah jelas bahwa Riau-Lingga dan sebahagian besar Sumatera itu adalah Jajahan Johor.. iaitu Malaysia sekarang..,” klaimnya.

Menilik dari sejarah itu pula, daerah sebagian Sumatera dan Kepulauan Riau seharusnya menjadi milik Malaysia. Namun pada saat perjanjian antara Inggris dan Belanda, dua negara yang pernah menjajah Indonesia dan Malaysia justru menghilangkan batasan kawasan tersebut. “Jadi sumatera itu harus balik kepada asalnya iaitu termasuk dalam provinsi Johor Malaysia, tetapi penjanjian inggeris-belanda telah memecahkan kawasan jajahan Johor yaitu Riau-Lingga dan sebahagian besar Sumatera.”

Baca Juga :  Aksi Demo Terus Berlangsung, Militer Mesir Kerahkan Tank Tempur

Apakah pernyataan itu benar? Kalau benar, kita pun harus legowo untuk memasrahkan pulau sumatra ketangan Malaysia. Tetapi kalau tidak terbukti dan kita pun mempunyai alasan referensial yang benar, sudah sewajarnya bangsa Indosesia untuk mempertahankannya.

Salam – Hendri Juhana – kompasiana.com/hendrij8

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

9 Komentar

  1. Reunifikasi itulah jawab paling tepat untuk menyudahi sengketa dengan negeri jiran itu.
    Wujudkan satu negara besar bernama “Nusantara Raya” yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Papua Newgini dan Timor Leste.

  2. wajar…donk kalo malaisia bicara seperti itu….kenapa???? meliter merka sudah sangat kuat senjata merka udah mapu untuk meladeni meliter kita…..tambah lagi didukung negara lain ingris misalnya

  3. mantap kalilah itu… tapi itu kan pernyataan seseorang saja… tidak ada pernyataan resmi dari pemerintah… sama saja kalau saya bilang : warga negara malaysia adalah orang tolol!!! nah itu kan pernyataan saya bukan pernyataan resmi negara indonesia… begitu sobat… so jangan gampang terpancinglah… lebih baik kita lihat iklan berikut ini : http://www.jasa-pernikahan.blogspot.com

  4. enak aja sumatera milik malaysia sejak kapan saya orang palembang justru kesal melihat ini apaan,justru malaysia milik Indonesia karena orang sriwijayalah yang mebangun malaysia bukan kebalikan . wah saraf malaysia

  5. justru malaysia semuanya yg harus takluk dan masuk wilayah Indonesia sebagai bagian dari kerajaan Majapahit dulu.
    Nanggepin org malaysia tuh jgn kepancing emosi tapi harus bales dgn cerdas.. skrg posisi org kita itu selalu dalam posisi yg dipropokasi oleh mereka terus kita emosi dan marah2.. buang2 energi.. mendingan kita balas dengan cerdas. Lawan dengan bahasa yg elegan dan balik mempropokasi mereka.. yg terjadi skrg mah kayak kita kayak anak kecil yg digodain/dikerjain kakaknya terus bawaannya nangis dan marah2… ayo donk kita harus lebih cerdas dan provokatif thd mereka…
    Nah, kalau mereka udh mulai bergerak buat nyuri pulau kita lagi, baru kita hajar mereka.. kita kencingin aja rame2 tuh malaysia pasti tenggelam…

    • kita itu selalu di bodohin bangsa – bangsa yang tidak ingin negara serumpun bersatu indonesia dan malaysia itu seharusnya bersatu..karna negara muslim, satu ras, n bersaudara…kalo indonesia dan malaysia bersatu coba bayangkan negara super power apa yang bisa mengalakan indonesia dan malaysia..dulu di zamannya sriwijaya……………kemampanan dan kejayaan bisa di rasakan.. tp coba ketika sriwijaya itu pecah jadi beberapa negara yang sekarang di kenal dengan negara serumpun kita bangsa melayu selalu di permainkan oleh bangsa-bangsa kolonial..mereka sangat takut jika bangsa melayu itu bersatu lagi..jd sdh saatnya bangkit..tidak usah lagi saling mendukung…memang banyak di bangsa serumpun kita ini yang telah menjual keyakinan nya kepada kolonial-kolonial yang biadab itu.. sehingga kita tidak bisa bersatu….coba di pikirkan saudara ku kalo kita bersatu seperti dulu…kita menjadi bangsa yang besar yang tak terkalahkan jadi tidak ada salahnya indonesia dan malaysia bersatu untuk maju lg bersama untuk menjadi bangsa yang terbaik lagi seperti masa lampau..

    • AYO BERSATU MENUJU KEMAJUAN YANG MULIA…………………………..saudara ku yang di indonesia dan malaysia coba kita renungkan bersama kekuatan yang tersembunyi dari bangsa kita..kekuatan yang bisa mencengkram bumi ini..kejayaan ada di dalam genggaman tangan kita….jaya selalu bangsa melayu……

  6. Kalau mau lihat sejarah maka seluruh wilayah malaysia itu termasuk wilayah Indonesia, karena tidak ada yang menyangkal kejayaan kerajaan Sriwijaya wilayah kekuasaannya bahkan lebih dari sekedar wilayah malaysia, demikian juga kerajaan Majapahit wliayah kekuasaannya juga melebihi dari sekedar wilayah malaysia. Jadi sudah jelas wilayah malaysia itu sebenarnya adalah milik Indonesia seluruhnya kalu mau diungkit-ungkit tentang zaman kerajaan.

    • Saya rasa masalah kewilayahan saat ini semakin baik antara malaysia dan Indonesia. Kita tidak perlulah capek2 menanggapi pendapat2 seperti itu, lagian kalau semua ditarik kebelakang maka saya sependapat dengan teman2 lainnya bahwa Dulu itu daerah malaysia menjadi wilayah kerajaan yang ada di Indonesia.
      Yang perlu dipertegas dan dibela saat ini bahwa wilayah yang saat ini sudah diakui Dunia tidak boleh lagi berkurang dan berkurang walaupun itu sejengkal wilayah tanah daratan atau lautan… dan pertanyaannya, bagaimana kita sebagai rakyat bisa menjaga wilayah tersebut dari rongrongan seperti orang malaysia tersebut.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*