Manasik Haji Akbar Kota Padangsidimpuan Direncanakan Kamis

Pemerintah Kota Padangsidimpuan (Pemko Psp) bersama Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) berencana akan menggelar manasik haji akbar, Kamis (21/10). Rencananya anggaran manasik haji akbar tersebut akan dimasukkan dalam APBD Pemko Psp tahun 2011.

Rencana akan dilaksanakannya kegiatan manasik haji ini, menurut Kepala Bagian Kesejehteraan Rakyat (Kesra) Pemko, Syahruddin Siregar, Jumat (15/10), setelah dilakukannya pembicaraan dengan Kepala Kantor Kemenag Psp, Efri H Harahap. Anggaran manasik haji akbar itu akan dimasukkan dalam APBD Pemko tahun depan.

“Rencanya manasik haji akbar akan dilaksanakan Kamis (21/10) mendatang dan dananya akan diusulkan dianggarkan di APBD 2011, dan sudah kita sampaikan kepada Sekda. Mudah-mudahan tidak ada hambatan lagi dan bisa langsung kita laksanakan,” jelasnya.

Dijelaskan Syahruddin, dana untuk pembinaan, pemulangan, dan penyambutan calon jamaah haji asal Kota Psp tahun 2010 sekitar Rp350 juta. Rinciannya antara lain untuk subisidi biaya transportasi pulang-pergi Rp120 juta, biaya Tim Pendampingan Haji Daerah (TPDH) sebanyak 3 orang sebesar Rp70 juta.

Kemudian sisanya sekitar Rp160 juta untuk biaya transportasi tim pemdamping haji hingga ke Medan saat pulang-pergi, sewa peralatan, honor panitia, nara sumber, akomodasi atau penceramah, dan lain sebagainya.

“Dana untuk transportasi adalah sebesar Rp 294 ribu per orangnya atau dalam perjanjian kerja sama dengan pengusaha travel untuk satu bus dengan isi sekitar 38 orang sebesar Rp17 juta,” tambahnya.

Sedangkan bus yang dibutuhkan sebanyak 11 unit ditambah satu truk pengangkut barang sebesar Rp10 juta, atau totalnya untuk transportasi sebesar Rp197 juta, sedangkan yang disubsidi oleh Pemko Psp sebesar Rp120 juta atau ada kekurangan sekitar Rp97 juta. Dana kekurangan ini dibebankan kepada calhaj yang dibayarkan kepada Kemenag Psp, yang menurut calhaj mereka dibebankan sebesar Rp294 ribu per calhaj.

Baca Juga :  Serapan Anggaran Pemko Padangsidimpuan Belum Mencapai 50%

“Itu adalah rincian dana kegiatan haji tahun 2010 yang mana dalam itemnya tidak ada dicantumkan untuk manasik haji akbar, yang kata IPHI, sebesar Rp25 juta. Sedangkan selama ini dana manasik haji akbar itu diambil dari dana bansos, tapi seperti kita ketahui dana bansos untuk tahun 2010 sudah habis,” pungkasnya.

Kakan Kemenag Psp, Drs H Efri H Harahap membenarkan akan direncanakan pelaksanaan manasik haji akbar pada Kamis (21/10) mendatang. Namun hal ini akan dilaporkan terelebih dahulu kepada Wali Kota Psp, apakah disetujui atau tidak dengan solusi anggaran yang dilaksanakan ini yakni dianggarkan di APBD 2011 mendatang.

“Rencananya begitu. Tapi belum bisa kita pastikan karena belum ada persetujuan dari Wali Kota Psp,” katanya.

Ketika ditanyakan mengenai adanya pengunduran jadwal karena lalu-lintas udara macet di Jeddah, yang dapat mengakibatkan calhaj antre lama di dalam bus menunggu waktu keberangkatan, Efri mengaku belum mendapatkan informasi tersebut. Sebab, menurut Efri, biasanya hal tersebut akan disampaikan oleh Kemenag Provinsi.

“Informasi itu kita belum tahu. Biasanya kalau ada, kita di daerah pasti akan diinformasikan. Sedangkan mengenai jadwal keberangkatan tidak ada perubahan atau tetap dilaksanakan tanggal 24 Oktober sekitar pukul 16.00 WIB dari Kota Psp,” ucapnya.

Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPRD Psp, H Khoiruddin Nasution SE kepada METRO, Jumat (15/10) mengaku sangat bersyukur atas kebijakan yang diambil oleh Pemko Psp tersebut.

Baca Juga :  MUI Padangsidimpuan Tolak Nikah Siri

“Kita sangat bersyukur, karena mata hati pimpinan Pemko Psp dibukakan untuk melaksanakan syiar agama Islam ini. Semoga pada tahun-tahun mendatang kejadian ini tidak terulang lagi,” harapnya.

Sebelumnya DPRD Psp mengeluhkan persoalan ditiadakannya manasik haji untuk tahun 2010 ini di Kota Psp, karena tidak adanya lagi anggaran bansos di bagian Kesra Pemko Psp. Sejumlah anggota DPRD pun mendesak agar Pemko melaksanakan manasik haji akbar.

SUmber: http://metrosiantar.com/sidimpuan_raya_/Manasik_Haji_Akbar_Direncanakan_Kamis

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*