Manfaat-Manfaat Ampas Teh Yang Perlu Anda Ketahui

1.Menghilangkan jerawat
Tahukah anda bahwa kandungan polifenol dan antioksidan pada teh dapat mengurangi bintik hitam bekas jerawat , selain itu juga dapat menghaluskan wajah ( lihat saja ada merk lotion yang berasa teh hijau ). karena mengandung ini cara penggunaannya yaitu cukup mengoleskan pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit

2.Menyegarkan Mata
Caranya: Lapisi ampas teh dingin dengan kain tipis bersih, letakkan diatas pelupuk mata. Bisa juga ampas teh langsung di letakkan di pelupuk mata.

3.Sebagai lulur
Caranya: Ampas teh didiamkan dahulu selama 1 malam. Jaga agar ampas tersebut tidak terkena kotoran dengan cara menutup tempat penyimpanannya. Gunakan ampas teh tersebut sama dengan cara penggunaan lulur. Ambil ampas teh sedikit demi sedikit balurkan ke sekujur tubuh, diamkan sebentar lalu mulailah lakukan pemijitan ke sekujur tubuh hingga kotoran-kotoran dan kulit mati yang ada di tubuh bisa terbuang.

4. Mencegah kerontokan
Caranya: keramaslah dengan teh basi. Keramas bisa dilakukan setiap pagi.

5.Menghilangkan bau kaki tak sedap
Caranya:
a. Campurkanlah cuka dan air hangat. Kira-kira perbandingan larutannya adalah 1:2. Rendamlah kaki dalam campuran tersebut setiap malam selama beberapa hari. Bersabarlah hingga akhirnya bau kaki benar-benar hilang.
b. Air teh hitam yang dingin. Rendam kaki setiap hari selama seminggu dalam air teh hitam agar tanin yang terkandung dalam teh hitam ini dapat membunuh bakteri di kaki dan menutup pori-pori kaki.

Baca Juga :  Penyebab Bayi Menangis Histeris Di Malam Hari

6.Menyuburkan tanaman
Caranya: taburkan ampas teh di sekitar tanaman sambil dibenamkan ke dalam tanah. Apabila menggunakan teh celup, buka dulu kertas yang membungkus amplas teh.

7.Menghilangkan bau amis pada perangkat masak
Caranya: Setelah wajan atau panci dicuci bersih maka rebuslah ampas daun teh di dalamnya. Diamkan selama 20 menit maka bau amis atau aroma daging akan terserap oleh ampas daun teh.

8. Membersihkan perabot kayu
Caranya: Seduh beberapa kantung teh celup dalam satu liter air panas, atau sesuaikan dengan kebutuhan. Biarkan beberapa saat hingga dingin. Ambil kain lap lembut, celupkan ke dalam larutan teh dan peras. Gunakan kain lap tadi untuk membersihkan permukaan perabot kayu. Sesudahnya, keringkan dengan lap kering.

9. Membersihkan lantai
Caranya: Hampir sama dengan membersihkan perabot kayu. Siapkan larutan teh dan air. Ambil kain pel dan celupkan ke dalam air seduhan teh. Kemudian mengepellah seperti biasa.

Sumber

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*