Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga

Batasi minum kopi, bukan berhenti mengonsumsinya karena khawatir efeknya merugikan kesehatan.

Bagi sebagian orang, memulai hari tidaklah lengkap bila belum menyeruput secangkir kopi. Mereka percaya, kopi bisa membuat hari mereka lebih bersemangat dan mengurangi rasa lelah. Ternyata manfaat kopi juga bisa dirasakan jika diminum sebelum olahraga.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism mengungkapkan, minum kopi sebelum berolahraga akan mengoptimalkan pembakaran lemak. Studi menemukan, atlet yang mengonsumsi kafein sebelum olahraga membakar 15 persen kalori lebih banyak hingga tiga jam setelah olahraga. Ini dibandingkan dengan mereka yang hanya diberi plasebo.

Peneliti mengatakan, dosis yang dibutuhkan untuk menghasilkan dampak tersebut adalah 4,5 miligram kafein per kilogram berat badan. Sehingga bagi wanita dengan berat badan 68 kilogram, kira-kira membutuhkan 300 mg kafein atau sekitar 355 mililiter kopi seduh.

Selain membantu tubuh untuk membakar lemak lebih banyak, kopi juga diketahui dapat memberikan beberapa keuntungan lainnya. Berikut di antaranya.

1. Memperbaiki sirkulasi
Baru-baru ini, penelitian asal Jepang mempelajari efek kopi pada sistem sirkulasi pada orang yang tidak terbiasa minum kopi. Setiap peserta diminta minum 148 ml kopi baik yang biasa maupun yang ditambah kafein. Kemudian peneliti menghitung aliran darah pada tubuh masing-masing peserta. Ternyata peserta yang minum kopi yang diperkaya kafein memiliki aliran darah lebih cepat 30 persen selama 75 menit dibandingkan peserta lainnya.

Baca Juga :  Imbauan Kemenkes bagi Jamaah Umroh Agar Terhindar MERS

2. Lebih sedikit nyeri
Peneliti dari University of Illinois menemukan, mengonsumsi kafein yang sama dengan dua hingga tiga kali cangkir kopi satu jam sebelum berolahraga akan mengurangi nyeri otot pascaolahraga intensitas tinggi. Kafein bekerja untuk mendorong otot lebih kuat selama berolahraga sehingga kekuatan dan ketahanan otot pun menjadi lebih baik.

3. Ingatan lebih baik
Studi yang dipublikasi dalam Johns Hopkins University menemukan, kafein mampu meningkatkan ingatan hingga 24 jam setelah dikonsumsi. Dalam olahraga, ingatan yang baik juga diperlukan untuk mengingat gerakan tertentu.

4. Menjaga otot awet muda
Peneliti asal Coventry University menemukan kekuatan otot menurun karena penuaan. Namun ternyata dalam moderasi, konsumsi kafein dapat membantu mengurangi cedera otot karena penuaan saat berolahraga.

5. Otot lebih bertenaga
Studi baru dalam Journal of Applied Physiology menemukan, sedikit kafein sesudah olahraga juga dapat bermanfaatkan, khususnya untuk menjaga daya tahan orang yang berlatih setiap hari, seperti atlet./KOMPAS.com –

 

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*