Manfaat Wifi Tidak Hanya Sebatas Internet

Kebanyakan orang awam pada era teknologi seperti ini menganggap Wifi adalah sebagai sarana untuk mendapatkan akses internet yang tersedia di beberapa hot spot dengan bermacam-macam jarak yang disediakan. Wifi sendiri memiliki kepanjangan Wireless Fidelity yang berarti layanan internetan sepuasnya di suatu tempat tanpa menggunakan kabel dengan standar IEEE 802.11. Pada awal pengembangannya Wifi hanya digunakan sebagai perangkat nirkabel dengan LAN (Local Area Network). Namun seiring kebutuhan internet yang semakin tinggi, kini fungsi Wifi lebih disalahartikan oleh orang awam sebagai penyedia internet. Padahal Wifi sendiri fungsinya bukan hanya memberikan akses internet nirkabel, melainkan juga beberapa fungsi lainnya seperti ulasan yang berikut ini.

1. Dengan Wifi, Smartphone Dapat Berfungsi Sebagai Remote

Aplikasi yang diberikan oleh toko penyedia layanan aplikasi seperti Google Play Store ataupun Apple Store dapat menjadikan smartphone menjadi remote televisi. Caranya dengan menggunakan Aplikasi Remote yang dihubungkan melalui koneksi Wifi.

2. Dapat Digunakan Sebagai Router

Aplikasi PDANet dapat berfungsi sebagai perantara yang digunakan pada smartphone untuk digunakan ke perangkat lain seperti Laptop maupun smartphone lainnya. Namun sekarang sudah banyak smartphone yang sudah tersedia fungsi router otomatis tanpa mengunduh aplikasi tertentu lagi di toko layanan seluler.

3. Sebagai Keamanan Ekstra

Aplikasi pintar seperti Find My Phone sangat penting untuk mencari smartphone yang hilang atau baru saja dicuri. Dengan pantauan dari teknologi Wifi, keberadaan smartphone atau sang pelaku yang membawabya dapat terbaca dengan mudah. Namun sebelumnya pastikan telah tersinkronisasi ke perangkat lain terlebih dahulu.

Baca Juga :  Berbayar, Ensiklopedia Britannica Yakin Saingi Wikipedia

4. Berbagi File Dimana Saja

Salah satu penyedia jasa penyimpanan online seperti Dropbox memberikan akses yang mudah untuk membawa file kemana saja tanpa harus khawatir akan hilang. Karena tak seperti menggunakan flash drive yang mudah rusak dan hilang, Dropbox sangat mudah di akses dimana saja. Untuk lebih mempermudah proses upload file ke Dropbox, tentu saja harus menggunakan layanan Wifi smartphone.

5. Transfer File Antar Perangkat

Layaknya bluetooth, Wifi juga dapat digunakan dalam memudahkan seseorang untuk transfer file ke perangkat lain seperti komputer atau pun smartphone lainnya. Bahkan kartu Eye-Fi yang dipakai untuk beberapa kamera dapat langsung dengan mudah tersimpan di smartphone dengan bantuan Wifi.

Penulis :
Herman Sutrisno
www.kompasiana.com/hermansutrisno

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*