Mantan Pegawai WikiLeaks Buat Situs Tandingan

Wikileaks akan memiliki pesaing dalam membocorkan rahasia. Situs Openleaks segera hadir membantu sumber anonim mengirimkan materi rahasia ke masyarakat luas.

Daniel Domscheit-Berg - Foto: Istimewa

Mantan juru bicara Wikileaks Daniel Domscheit-Berg mengatakan bahwa situs itu berfungsi sebagai outlet dari sumber anonim.

“Openleaks merupakan proyek teknologi yang berfungsi sebagai perantara dari pihak ketiga yang ingin mendapatkan materi rahasia dari sumber anonim,” kata mantan pekerja Wikileaks yang membuat situs itu.

Sejak Wikileaks menjadi perhatian media internasional, muncul spekulasi adanya situs lain yang mengikuti. Keberadaan situs baru yang memiliki fungsi yang sama itu datang di waktu yang tepat saat pendiri Wikileaks Julian Assange ditangkap dan saat publikasi 250 ribu kabel diplomatik rahasia milik Kementerian Luar Negeri AS.

Di Berlin, Domscheit-Berg belum bisa berkomentar banyak karena sedang fokus dalam mempublikasikan bukunya tentang perjalanan karirnya di Wikileaks. Domscheit-Berg mengaku berhenti dari Wikileaks karena menilai organisasi itu tidak transparan dalam proses membuat keputusan. (inilah.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*