Mantap, KPK Sudah Pegang Identitas ‘Ketua Besar’

Laporan: Samrut Lellolsima
Kamis, 03 Mei 2012 , 13:18:00 WIB
RMOL. Identitas “ketua besar” dalam perkara suap Wisma Atlet yang disebut-sebut sebagai dalang kasus suap proyek pembangunan SEA Games sudah dipegang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Adalah Wakil Ketua KPK, Zulkarnaen yang mengatakan hal tersebut. Menurut dia, pihaknya sudah mengantongi “ketua besar” yang pertama kali muncul dalam transkrip pembicaraan melalui Blackberry Mesangger (BBM) antara Mindo Rosalina Manullang dan tersangka Angelina Sondakh.

“Tetapi, harus didalami perannya seperti apa ketua besar ini,” kata Zulkarnain saat dihubungi, Kamis (3/5).

Tapi, pimpinan KPK bidang pencegahan ini masih enggan membeberkan perihal identitas dari ketua besar tersebut. Alasannya masih perlu didalami kembali dari keterangan Angelina Sondakh dan saksi-saksi lainnya. Sehingga, diketahui perannya dalam kasus dugaan suap pembangunan yang menelan biaya Rp 191 miliar tersebut.

“Semua harus didalami karena perkara itu utuh. Jadi, harus adil, yaitu orang yang berbuat salah harus dihukum,” terang dia.

Saat bersaksi dalam sidang dengan terdakwa M Nazaruddin, Mindo Rosalina Manulang, yang sudah menjadi terpidana pada kasus ini mengatakan, yang dimaksudkan dengan ketua besar adalah Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Sedangkan “bos besar” adalah pimpinan Banggar, Mirwan Amir.

Hal senada juga dikatakan mantan Bendahara Umum DPP Partai Demokrat (PD) M Nazaruddin yang berkali-kali mengatakan, yang dimaksudkan dengan ketua besar adalah Anas Urbaningrum. Sedangkan bos besar itu Mirwan Amir. Namun, keduanya di banyak kesemoatan sudah membantah. [zul]

Baca Juga :  e-ktp Segera Diluncurkan Dengan Biaya Rp.60 Triliun

http://www.rmol.co/read/2012/05/03/6…s-Ketua-Besar-

KPK Dalami Peranan Ketua Besar Lewat Angie

Kamis, 3 Mei 2012 14:57 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mendalami peranan “ketua besar” dalam kasus korupsi dalam proyek wisma atlet SEA Games di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Wakil Ketua KPK Zulkarnain menyatakan telah mengantongi identitas “Ketua Besar” tersebut.

“Semua didalami karena perkara itu utuh. Jadi, harus adil, yaitu orang yang berbuat salah harus dihukum,” kata Zulkarnain saat dihubungi wartawan, Kamis (3/5).

Zulkarnain berharap peranan ketua besar bisa terungkap lewat Angelina Sondakh, yang kini berstatus tersangka kasus suap proyek di Kemenpora dan Kementerian Pendidikan Nasional. Sebab, sebutan “ketua besar” diketahui dari percakapan Blackberry Messenger (BBM) antara Angelina dan Mindo Rosalina Manulang.

Dalam percakapan keduanya terungkap “Ketua besar” meminta jatah ke Muhammad Nazaruddin, melalui Angie terkait proyek Kemenpora. Saat bersaksi di persidangan Nazaruddin, Mindo Rosalina Manulang mengatakan “ketua besar” adalah Anas Urbaningrum atau Mirwan Amir. Anas adalah Ketua Umum DPP Partai Demokrat, sementara Mirwan Amir unsur pimpinan Badan Anggaran DPR dari Fraksi Partai Demokrat.

Selain “ketua besar”, disebut juga istilah “pak ketua” yang menurut Rosa merujuk pada Komisi X, Mahyuddin. Kemudian istilah “pak bali” yang merujuk pada anggota DPR Komisi X, I Wayan Koster. Pengakuan-pengakuan Rosa dibantah Angie. Ia tidak tidak mengakui percakapan BBM-nya dengan Rosa, bahkan mengaku tidak punya BB pada saat itu.

Hari ini, Angie menjalani pemeriksaan di KPK. Zulkarnain berharap Putri Indonesia 2001 itu bisa memberi keterangan dengan sebenar-benarnya.(IKA)

Baca Juga :  Pembawa "Bom" Berhidung Mancung & Berbaju Koko

http://www.metrotvnews.com/read/news…-Lewat-Angie/1

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*