Maraknya Pembakaran Hutan – Kabut Tebal Selimuti Sejumlah Kawasan di Palas

Harian Global

kebakaran hutan Maraknya Pembakaran Hutan Kabut Tebal Selimuti Sejumlah Kawasan di Palas
maraknya perambahan liar dengan cara membakar pohon-pohon

Selama dua sepekan belakangan ini, wilayah Kabupaten Padanglawas (Palas) diselimuti cuaca mendung dan kabut tebal. Kabut itu diduga akibat maraknya perambahan liar dengan cara membakar pohon-pohon hutan di Kecamatan Hutarajatinggi dan Kecamatan Batang Lubu Sutam.

Pantauan Global di lapangan, Jumat (20/11) kabut tebal itu membuat jarak pandang hanya berkisar 500 meter. Akibatnya berbagai aktivitas dan kegiataan warga menjadi terganggu. Dan keadaan itu sangat rentan bagi pengendara rodaempat dan roda dua.
Salahseorang pengemudi, Supriadi Hasibuan warga Desa Hasatan Jae, Kecamatan Barumun, yang ditemui Global di Pasar Sibuhuan mengatakan, kondisi cuaca seakan- akan mendung dan kabut asap tebal yang menyelimuti permukaan diatas langit, tampak gelap dan tertutup.

“Saya sangat  cemas untuk bepergian karena masih terlihat sisa- sisa asap dari kebakaran itu. Setiap siang dan sore hari jelas kelihatan asap terus menggumpal ke langit yang menutupi jarak pandang dari kejauhan,” katanya.

Dikatakan, saat ini jika hendak bepergian harus lebih waspada dan hati- hati. Kalau kurang berhati – hati, bisa menimbulkan kecelakaan lalulintas karena kendaraan yang datang dari arah berlawanan sering tidak tampak jelas. Pernyataan yang sama juga disampaikan, Maragende Hutasuhut, Kepala Desa Arsesimatorkis bersama sejumlah warga lainnya. Mereka khawatir, jika kabut asap tebal ini terus menyelimuti daerah ini dapat mengganggu kesehatan.

Baca Juga :  PLN Rayon Sibuhuan akan Realisasi Permohonan Masyarakat Ujung Batu Daerah Disbun

Kadis Kehutanban dan Perkebunan Palas Ir Soleman Harahap bersama Camat Hutarajatinggi GT Hamonangan Daulay SSos mengakui bahwa kabut tersebut berasal dari hasil pembakaran hutan yang dilakukan para perambah untuk membuka lahan perkebunan kelapa sawit dilokasi trans Kecamatan Hutarajatinggi.

Untuk mengatasi kondisi itu, Soleman mengatakan bahwa pihaknya telah mengimbau seluruh kepala desa dan jajaran kecamatan serta masyarakat agar terus melakukan kewaspadaan terhadap kegiatan pembakaran karena dapat menimbulkan efek yang cukup besar.
PostLink: https://apakabarsidimpuan.com/2009/11/maraknya-pembakaran-hutan-kabut-tebal-selimuti-sejumlah-kawasan-di-palas/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*