Masa Lebaran Warga Madina Padati Sampuraga

Panyabungan. Selama libur Idul Fitri 2436 H, masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), menyempatkan untuk mengunjungi tempat – tempat wisata alam. Salah satu objek wisata yang dipadati adalah legenda masyarakat yaitu Sampuraga di Desa Sirambas, Kecamatan Panyabungan.
Terlihat masyarakat dalam mengisi liburan lebaran tersebut membawa keluarga mendatangi tempat itu. Karena selain pemandangan alam yang asri, ada juga air panas juga menyimpan sejarah berupa nasehat agar setiap anak jangan durhaka terhadap orang tua.

Memang legenda Sampuraga dari cerita di tengah masyarakat pada zaman dahulu masih kerajaan ada seorang pemuda yang merantau. Di tempat perantauannya itu dia mempersunting putri raja. Informasi tersebut sampai ke telinga sang ibu yang sudah tua.

Sang ibupun pergi menemui anak semata wayangnya, tanpa disangka sang anak (sampuraga – red) malu akan penampilan ibunya yang lusuh dan tidak mengakui ibunya. Sang ibupun diusir sehingga membuat ibunya berdoa kepada sang pencipta untuk memberikan teguran kepada anaknya, sehingga terciptalah legenda sampuraga yang menjadi kolam air panas tersebut.

“Kita membawa keluarga bersama anak – anak ke lokasi ini agar memberikan nesehat kepada mereka bagaimana jika anak menjadi durhaka,” ujar Rasyid seorang perantau dari Pakanbaru kepada MedanBisnis, Selasa (21/7) ketika berkunjung ke tempat itu.

Disebutkan, sudah menjadi tradisi di keluarganya setiap lebaran disempatkan untuk pulang kampung untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Kemudian akan mengunjungi objek wisata alam seperti sampuraga tersebut.

Baca Juga :  Lampu Hias di Pasar Gunungtua Rusak

“Memang kita bukan ke sini saja, kita juga pergi ke Pantai Barat Natal melihat pantai yang menurut saya cukup indah, Sibanggor, Aek Sijornih dan lokasi lainnya. Ya untuk mengisi libur lebaran bersama keluarga,” ucapnya.


ZAMHARIR RANGKUTI

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*