Masih Ada Kios Di Palas Yang Jual Pupuk Bersubsidi di Atas HET

www.metrosiantar.com

PALAS-METRO; Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Padang Lawas (Palas), Ir Syahrir Harahap mnyebutkan memang ada sejumlah kios penjual pupuk di lapangan menjual pupuk bersubsidi di atas harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan sesuai SK Bupati dan Gubsu, tapi pihaknya tidak memiliki payung hukum untuk melakukan penindakan.

Disebutkannya, sesuai SK Gubsu, HET pupuk bersubsidi untuk jenis urea harganya Rp1.200 per kilogram. Di mana jumlah pasokan ke Palas sebanyak 6.403 ton per tahun, pupuk jenis ZA Rp1.050 per kilogram dengan jumlah pasokan 829 ton per tahun, superphose Rp1.550 per kilogram dengan jumlah pasokan 1.872 ton per tahun, kemudian jenis NPK Pelangi Rp1.830 per kilogram dengan jumlah pasokan 2.329 ton per tahun, NPK phonska Rp1750 per kilogram jumlah pasokan 2.329 ton per tahun, begitu juga dengan NPK kujang, sedangkan pupuk organik harganya Rp500 per kilogram dengan jumlah pasokan 1.586 ton per tahun.

“Inilah harga HET pupuk bersubsidi yang ditetapkan Gubsu melalui SK Bupati, hanya saja ada kios yang menjual harga pupuk di luar HET. Kita minta kepada masyarakat untuk melaporkannya ke pihak Kepolisian dan Distributor, karena kita tidak memiliki payung hukum untuk menindaknya,” ujarnya kepada METRO Kamis, (18/2) kemarin.

Dilanjutkannya, untuk Kabupaten Palas, distributor penyalur pupuk sebanyak dua distributor yakni PT Pertani dan Gresik Citra Sejahtera (GCS) dengan jumlah kios agen 76 agen. Di mana luas areal pertanian sawah di Kabupaten Palas seluas 13.269 hektare.

Disinggung berapa harga pupuk bersubsidi yang dijual kios ke masyarakat petani yang melebihi HET, Kadis tidak mau menyebutkannya. “Yang Jelas ada melebihi HET,” pungkasnya. (amr)

POST ARCHIVE: This content is 8 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
google Masih Ada Kios Di Palas Yang Jual Pupuk Bersubsidi di Atas HETfacebook Masih Ada Kios Di Palas Yang Jual Pupuk Bersubsidi di Atas HETtwitter Masih Ada Kios Di Palas Yang Jual Pupuk Bersubsidi di Atas HETlinkedin Masih Ada Kios Di Palas Yang Jual Pupuk Bersubsidi di Atas HETemail Masih Ada Kios Di Palas Yang Jual Pupuk Bersubsidi di Atas HETprint Masih Ada Kios Di Palas Yang Jual Pupuk Bersubsidi di Atas HET

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*