Masih Diproses, SK Pencopotan Basyrah Lubis

JAKARTA – Hingga Senin (5/3) Mendagri Gamawan Fauzi belum mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pemberhentian secara permanen Basyrah Lubis SH dari jabatannya sebagai Bupati Padang Lawas (Palas). Sejauh ini, SK pencopotan masih diproses.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri Djohermansyah Djohan tidak membantah saat diberitahu koran ini bahwa Jumat pekan lalu Mendagri Gamawan Fauzi sudah menyebut fatwa MA sudah keluar dan Basyrah segera dicopot.
Mendengar hal itu, Djohermansyah tertawa. Saat ditanya apakah SK pencopotan sudah dikeluarkan, mantan Deputi Kantor Wapres Bidang Politik itu mengatakan, hingga kemarin pembuatan SK pencopotan Basyrah masih dalam proses administrasi.
“Belum, masih dalam proses,” ujar Djohermansyah Djohan kepada koran ini di kantornya, kemarin.

Sebelumnya diberitakan, Mendagri Gamawan Fauzi memastikan akan segera mengeluarkan SK dimaksud, menyusul telah keluarnya fatwa MA yang menyebutkan vonis tingkat kasasi yang dijatuhkan ke Basyrah dalam perkara tindak pidana pemalsuan surat saat masih menjadi camat, memenuhi persyaratan pemberhentian kepala daerah sebagaimana diatur UU Nomor 32 Tahun 2004 dan PP Nomor 6 Tahun 2005.

Nantinya, SK yang sama juga akan mengangkat Wakil Bupati Palas, Ali Sutan Harahap, mengisi kursi yang harus ditinggalkan Basyrah itu. “Fatwa MA sudah keluar,” ujar Gamawan menjawab pertanyaan koran ini di kantornya, Jumat (2/3).

Apakah fatwa MA menyatakan Basyrah memenuhi syarat diberhentikan? Dengan lugas menteri asal Sumbar itu menjawab,” Ya, diberhentikan, karena dinyatakan (di fatwa MA, red) memenuhi syarat karena ancaman hukumannya di atas lima tahun dan sudah dihukum (divonis, red).”

Baca Juga :  Hindari Pembobolan; Nasabah BNI Tabagsel Diimbau Tukar PIN ATM

Sumber: metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*