Kegiatan Gotong Royong Masyarakat dan Fasiltator di Kel Hanopan P. Sidimpuan

Oleh: Rahdiansyah Pane *)

5516997353 ef05a2fa6a Kegiatan Gotong Royong Masyarakat dan Fasiltator di Kel Hanopan P. Sidimpuan Bicara gotong royong, sebagian orang akan alergi mendengarnya dan hanya sebagian pula yang merasa  tertarik. Bagi sebagian orang yang alergi itu telah menganggap gotong royong adalah tradisi lama yang using dan tidak mungkin diterapkan pada masa kini karena setiap orang memiliki kesibukan dengan urusannya. “ Time is Money “, waktu adalah uang. Jadi, kalau setiap orang yang bekerja harus memperoleh uang, sementara gotong royong tidak sedikitpun keuntungan materi yang diperoleh. Oleh sebab itulah, gotong royong tidak lagi menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat pada umumnya.

Ditengah sibuknya sebagian orang mengejar uang adalah segala – galanya, sebagian lagi masih menampilkan semangat kegotong royongan. Sebagian waktu diluangkan bagi kepentingan masyarakat, bahkan materi dan tanah sekalipun . Cerita ini tidak mengada – ngada, melainkan sebuah kenyataan yang terjadi  di Kota Padangsidimpuan. Kalau ingin tahu, Hanopan nama kelurahan itu yang terletak di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, tidak terlalu jauh dari pusat kota yang berjarak sekitar 3 KM.

5516997461 5e8e16ac40 Kegiatan Gotong Royong Masyarakat dan Fasiltator di Kel Hanopan P. SidimpuanBagi masyarakat, pelaksanaan gotong royong begitu penting dalam pembangunan. Apalagi, pada saat ini masyarakat Kelurahan Hanopan sedang melaksanakan pembangunan jembatan sepanjang 20 M yang menghubungkan perkampungan satu dengan perkampungan yang lainnya. Semangat gotong royong ini merupakan wujud kepedulian terhadap kemajuan daerahnya, sekaligus meraih impian masyarakat  yang mengidamkan adanya jembatan penyeberangan. Beberapa kali masyarakat melaksanakan gotong royong untuk kegiatan pembangunan jembatan itu. Tidak hanya masyarakat saja, ternyata tim koordinator kota 8 Padangsidimpuan – Sibolga bersama Kepala Satuan Kerja Pembangunan Infrasturktur Permukiman ( Satker PIP ) Kota Padangsidimpuan turut meramaikan pelaksanaan gotong royong yang berlangsung pada hari Selasa, 08 Maret 2011.

Seluruh personil dikerahkan kelokasi kegiatan, mulai Koordinator Kota, Asisten Kota, Senior Fasilitator dan Fasilitator hingga sekretaris Kantor juga ikut serta bersama  sama masyarakat bergotong royong. Setiap orang masing – masing mengambil perannya, ada yang mengangkat batu –batuan dan menyusunnya, mengisi tanah ke karung dan kereta sorong lalu membawanya kelokasi, serta ada pula menyerak dan meratakan tanah urug hingga memadatkannya. Koordinator Kota, Taufik Hidayat dan Ka. Satker PIP Padangsidimpuan, B. Pulungan, tidak tinggal diam. Keduanya saling bergantian mengangkat kereta sorong yang telah terisi tanah  untuk dibawa ke lokasi.  Sementara masyarakat dan personil korkot lainnya, sibuk mengisi tanah ke karung lalu mengover kepada teman lainnya yang sudah stanbay menerima dan mengover kembali ke yang lainnya hingga karung tersebut sampai kelokasi. Sepanjang 100 M, personil Padangsidimpuan berbaris memanjang dan saling mengover karung seperti layaknya pasukan tempur di medan perang dan di arena sepak bola yang saling mengover bola hingga menerobos gawang. Maklumlah, jumlah kereta sorong terbilang terbatas sehingga memanfaatkan karung sebagai wadahnya.

Baca Juga :  Pariban - (Budi P. Hatees)
5516997517 7699a00a7a Kegiatan Gotong Royong Masyarakat dan Fasiltator di Kel Hanopan P. Sidimpuan
Dok. Korkot ( Kiri, Kanan ) dan Satker ( Tengah ) Sedang Membawa Kereta Sorong Yang Terisi Tanah

“ Masyarakat sangat bersyukur atas pembangunan jembatan ini yang di pelopori oleh Badan Keswadayaan Masyarakat Bintang Terang di Kelurahan Hanopan melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan ( PNPM- MP ). Berpuluh – puluh tahun kami mendambakannya, sejak inilah jembatan kehidupan ini dapat dibangun, Kata Ibu A. boru Hasibuan, salah satu warga di kelurahan ini. Lanjut ibu Hasibuan, dengan adanya jembatan ini nantinya akan mempermudah dan memperlancar perekonomian masyarakat. Pasalnya, mayoritas masyarakat disini berpenghasilan dari perkebunan. Sementara lahan perkebunan, mengelola hingga memetik hasilnya harus melalui penyeberangan karena lokasi ini dipisahkan oleh sungai yang lebarnya mencapai 20 M, jelasnya. Bahkan, kata ibu setengah baya ini, Kesehariannya masyarakat melakukan aktivitas tersebut langsung menuruni dan menyeberangi sungai tanpa adanya jembatan. Beratus – ratus Kg setiap hari hasil karet diangkut dengan menyeberangi sungai yang kadangkala masyarakat mengalami kesulitan melaluinya, apalagi saat air sungai sedang pasang. Walaupun demikian, kami terus berjuang untuk keberlangsungan hidup bagi keluarga, ungkap ibu Hasibuan.

5517586954 dea6723466 Kegiatan Gotong Royong Masyarakat dan Fasiltator di Kel Hanopan P. SidimpuanSementara itu, Koordinator BKM Bintang Terang Kelurahan Hanopan, Habibi mengutarakan pelaksanaan pembangunan jembatan ini dilakukan atas adanya dukungan dan partisipasi semua pihak, terutama masyarakat. Tanpa adanya dukungan dan partisipasi itu, jembatan hanya sebatas impian belaka. Bagaimana mungkin, dana BLM yang bersumber dari APBD yang dialokasikan sebesar Rp. 75.000.000, mampu membiayai pembangunan jembatan yang menelan biaya sebesar Rp. 133.794.000, kalau tidak ada swadaya masyarakat setempat, tutur Habibi. Alhamduillah, masyarakat dan BKM memberikan swadayanya berupa tenaga, peralatan, bahan, konsumsi dan tanah sehingga pembangunan jembatan dapat direalisasikan, jelas pria 28 Tahun yang masih melajang ini.

Baca Juga :  Berburu Emas di Batang Gadis

Dalam kesempatan yang sama, Ka. Satker PIP Kota Padangsidimpuan, Bahari Pulungan, menyambut positif dan mendorong tekad BKM dan masyarakat Kelurahan Hanopan dalam memajukan kampungnya sendiri. Pemerintah Kota berterima kasih atas partisifasi masyarakat yang begitu tinggi menjalankan kegiatan PNPM – Mandiri Perkotaan yang merupakan bagian upaya Pemerintah Pusat dan Daerah menanggulangi kemiskinan di perkotaan. Artinya, keberhasilan program di Kelurahan ini, tentu mempengaruhi pertumbuhan pembangunan dan perekomian di Kota Padangsidimpuan, kata Sekretaris Kantor Pemberdayaan Masyarakat Kota ( PMK )  Kota Padangsidimpuan ini. “ Saya dan tim koordinator Kota 8 Padangsidimpuan bersedia meluangkan waktu bersama masyarakat apabila ada kegiatan gotong royong serupa atau ditempat lainnya, seperti yang dilakukan di Kelurahan Sitamiang Baru beberapa waktu lalu demi memajukan Kota Padangsidimpuan, katanya dengan nada bersemangat. “ Soal pembangunan dan gotong royong bukan hanya dibebankan kepada masyarakat semata, melainkan kami pihak konsultan juga turut bertanggung jawab mensukseskannya, kata Taufik menambahkan “.

Photo-Photo Kegiatan Gotong-Royong

5517587044 614b104186 Kegiatan Gotong Royong Masyarakat dan Fasiltator di Kel Hanopan P. Sidimpuan
5516997863 b8c7c9cd4d Kegiatan Gotong Royong Masyarakat dan Fasiltator di Kel Hanopan P. Sidimpuan


*) Penulis;

5249082485 50106522ec m Kegiatan Gotong Royong Masyarakat dan Fasiltator di Kel Hanopan P. SidimpuanAsisten Koordinator Kota 8 Padangsidimpuan – Sibolga Bidang Infrastruktur Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan Konsultan Manajemen Wilayah 1 OC 1 Provinsi Sumatera Utara

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*