Masyarakat Gunung Baringin, Penyabungan Harapkan Pembangunan Rambin

Panyabungan, www.batakpos-online .com

Masyarakat Kelurahan Gunung Baringin, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengharapkan pembangunan jembatan rambin menuju lokasi pertanian dan perkebunan masyarakat di Tor Sihite.

Pasalnya rambin ini merupakan jalur yang sangat vital untuk para petani  mencari nafkah menghidupi keluarga. “Jembatan rambin suatu yang sangat penting untuk kelancaran transportasi masyarakat dalam meningkatkan perekenomian karena sebagai besar kehidupan masyarakat dari bertani” ujar seorang warga Kamaluddin Hasibuan kepada BATAKPOS, Minggu (11/4) di Panyabungan.

Dijelaskannya, jembatan rambin ini berada di atas Sungai Aek Pohon yang cukup deras airnya, sehingga apabila warga mau melewati hanya menggunakan jembatan kayu yang bisa mengancam keselamatan warga.

“Memang sebelumnya jembatan rambin pernah ada akan tetapi sekitar empat tahun lalu terbawa arus Sungai Aek Pohon akibat meluap. Dan sejak saat itu kita hanya menggunakan jembatan dari batang kayu saja yang sewaktu–waktu akan lapuk dan bisa mengancam siapa saja yang lewat diatasnya” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Lian Nasution sudah puluhan tahun berkebun karet di wilayah Tor Sihite mengakui semenjak jambetan rambin tersebut hanyut terpaksa untuk membawa getah karet hasil dari kebunnya menyeberangi sungai. Sebelum jembatan dari kayu dibuat mereka.

“Bahkan pernah getah karet hanyut karena saya terjatuh waktu membawa ke pasar. Untuk itulah kami sangat mengharapkan agar pemerintah membangun kembali jembatan rambin ini, agar hasil–hasil dari komoditi perkebunan kita lebih mudah dan cepat dibawa ke pasar, dan tidak memakan waktu serta kita aman apabila hendak melewati Sungai Aek Pohon,”harapnya. wan

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Pemerintah Tidak Seharusnya Mengabaikan Peran Serta Masyarakat dalam Kasus Batang Toru Tapanuli Selatan Sumatera Utara

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*