Masyarakat Kec. Marancar Minta Pemkab Tapsel Hentikan Intimidasi terhadap PNS dan Warga

P.Sidimpuan, (Analisa)

Ratusan masyarakat Kecamatan Marancar mendatangi Gedung DPRD Tapanuli Selatan, Jalan Sudirman Kota Padangsidimpuan, Rabu (28/4). Mereka meminta, DPRD segera mengambil tindakan atas tindakan intimidasi yang dilakukan Pemkab Tapsel terhadap PNS dan masyarakat jelang Pemilukada.

“Kami mohon Anggota DPRD segera mengambil tindakan atas tindakan Pemkab yang terkesan sewenang -wenang terhadap PNS dan masyarakat Tapsel, “ujar mereka.

Pantaun Analisa, ratusan massa ini tiba di Gedung DPRD Tapsel sekitar pukul 14.00 WIB dengan mengenderai truk dan sejumlah kenderaan roda dua.

Selanjutnya, mereka langsung menggelar orasi sembari mengusung poster-poster yang bertuliskan kutukan atas tindakan arogansi yang dilakukan Pemkab Tapsel terhadap masyarakat dan PNS.

“Tindakan pemutasian terhadap sejumlah PNS yang dianggap membangkang dan tidak mendukung salah satu pasangan calon bupati Tapsel (incumbent) adalah tindakan keji dan tidak berprikemanusiaan, “ujar Koordinator Aksi Halomoan Siregar dan H Baginda Napatut Siregar.

Usai menggelar orasi sekitar setengah jam akhirnya seluruh massa di perbolehkan memasuki keruang sidang paripurna untuk berdialog dengan Anggota Dewan.

Dialog yang digelar di aula rapat gedung dewan dipimpin langsung Ketua DPRD Tapsel, Rahmad Nasution didampingi Wakil Ketua Abdurrasyid Lubis, Ketua Fraksi Golkar (FPG) Suyatmo Siregar, Ketua Fraksi Nasional Bersatu (FNB) Borkat Harahap, Ketua Fraksi Pembangunan Daerah (FPD) Fajaruddin Tanjung dan sejumlah anggota DPRD lainnya.

Lamsari Rambe, salah satu perwakilan pengunjuk rasa mengatakan, mereka sangat kecewa dengan sikap Pemkab Tapsel yang memutasi Rosnanni Pasaribu dari SDN Pasar Sampurna. Sebab, mereka menilai pemutasian itu tanpa alasan yang jelas dan terkesan berbau politik.

Baca Juga :  Polres P. Sidimpuan Musnahkan 45,5 Kg Ganja Kering

Menurut Lamsari, Rosnanni Pasaribu sudah mengajar di SDN Pasar Sampurna sejak 15 tahun lalu. Dia sudah tinggal menetap di Desa Pasar Sampurna. Bahkan, masyarakat Desa Pasar Sampurna dan sekitarnya sudah mengangkat Rosnanni sebagai tokoh masyarakat karena selain cerdas, dia juga memiliki jiwa sosial tinggi, rendah hati dan pandai bermasyarakat, ujar Lamsari.

“Kami meminta guru Rosnanni dipindahkan kembali ke SDN Pasar Sempurna. Sebab, dia sudah sangat berjasa bagi masyarakat. Dimana, selain di SDN Pasar Sampurna, dia juga mengajar di 4 SDN lainnya di Kecamatan Marancar ” ujarnya.

Hal senada diutarakan Masdewarni Harahap yang juga mengaku kecewa atas pemutasian guru teladan tersebut. Soalnya, selain sebagai seorang guru, Rosnanni juga merupakan Ketua Wirid Yasin Multazam di desa mereka.

” Kami tidak mau kehilangan guru anak-anak kami yang sekaligus juga ketua wirid yasin kami,” tegasnya.

Mendengar penuturan warga itu, Ketua DPRD Rahmad Nasution langsung memerintahkan agar menghadirkan Sekda Tapsel, Akhmad Ibrahim Harahap dan Kadis Pendidikan Tapsel. Sementara, kepada masyarakat hampir, Ketua DPRD mengatakan akan mencari solusi dari persoalan tersebut.

Wakil Ketua DPRD Abddrasyid Lubis dalam kesempatan itu mengatakan mutasi merupakan pinangan jabatan. Hanya saja, proses mutasi harus dilakukan secara profesional dan bukan karena tendensi atau unsur – unsur lain apalagi yang namanya untuk kepentingan Pemilukada.

Baca Juga :  2005 Pelamar di Madina, Tapsel Baru 2 Orang

Sekdakab Tapsel, Akhmad Ibrahim dan Sekretaris Dinas Pendidikan Tapsel Marotib mengatakan, proses mutasi Rosnanni sudah sesuai dengan peraturan tentang PNS. Namun, mereka akan tetap mempelajari apakah ada yang salah dengan proses mutasi itu.

” Mutasi itu sudah melalui pembahasan Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat (Baperjakat) Tapsel,” ujar keduanya.

Usai mendengar penjelasan pihak legislatif dan eksekutif akhirnya ratusan massa ini membubarkan diri dengan tertib. (hih)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. Tanyakan hatinurani mu : Adakah hal yg menyimpang dalam mutasi guru tsb ???? dan Murnikah demo ini ?????

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*