Masyarakat Nias Calonkan Drs Idealisman Dachi sebagai Calon Gubsu/Wagubsu

Medan, (Analisa). Drs. Idealisman Dachi mantan anggota DPR RI masa bakti 2004-2009 dan saat ini masih menjabat sebagai Bupati Nias Selatan pantas dicalonkan sebagai Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Utara masa bakti 2014-2015 mendatang.

Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat Himpunan Cendikiawan Muslim Nias Indonesia (PP HCMNI) Surisman Gea, SH didampingi Direktur Lembaga Bantuan dan Konsultasi Hukum “Juri” Medan Agusman Gea, SH, dalam press relis diterima Analisa, Sabtu (14/4) menyebutkan, Drs. Idealisman Dachi pantas dicalonkan sebagai Gubsu maupun Wagubsu karena dengan pengalamannya memimpin selama duduk sebagai anggota DPR RI periode sebelumnya dan saat ini sebagai Bupati Nias Selatan.

“Ditambah lagi desakan-desakan dari masyarakat Sumut, baik darielemen masyarakat Sumatera Utara, partai politik, maupun ormas-ormas kemasyarakatan yang berada di Sumatera Utara menghendaki Drs. Idealisman Dachi untuk maju sebagai calon gubernur maupun wagubsu,” tambah Agusman Gea, SH.

Masyarakat Nias bersatu

Oleh karena itu kata tokoh masyarakat Nias, Suriswan Gea, SH maupun Agusman Gea SH, mengajak masyarakat kepulauan Nias agar bersatu dan satu langkah serta pemikiran menyambut niat baik saudara kita, Drs. Idealisman Dachi untuk menjadi gubernur sumut/Wagubsu.

“Khususnya lagi kepala daerah sekepulauan Nias agar bersatu untuk mendukung saudara kita Drs. Idealisman Dachi sebagai gubsu dan wagubsu,” ujarny lagi.

Meski saat ini seluruh elemen masyarakat Nias sedang berjuang untuk pemekaran provinsi Nias, namun pencalonan putra daerah Nias sebagai Gubsu/wagubsu itu lebih penting karena Drs. Idealisman Dachi merupakan satu-satunya representative masyarakat Nias untuk membangkitkan semangat kepemimpinan tokoh masyarakat Nias sebelumya.

Baca Juga :  Korupsi - Sejumlah Pejabat Sumut Terancam Dipenjara

“Mudah-mudahan dengan kepemimpinan Drs. Idealisman Dachi nanti dapat menghilangkan sifat diskriminasi birokrasi di lingkungan Provinsi Sumatera Utara,” ujar Suriswan dan Agusman lagi.

Ditambahkan dalam waktu dekat PP HCMNI maupuin LBH “Juri” akan melakukan evaluasi dan analisis politik tentang strategi dan mekanisme pencalonan, antara lain yang substantiv adalah pasangan sebagai wagubsu. Begitu pula soal jalur dan “kenderaan politik” yang ditempuh.

“Mudah-mudahan dalam waktu singkat dapat terlaksana agenda ini dengan baik,” ujar Surisman. (hers)

analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

8 Komentar

  1. Andainya itu benar,hendaklah mulai dari sekarang mendekati masyarakat,karna ciri khas sosok seorang pemimpin yang baik adalah : mengorbankan waktu.Kita sangat bangga apabila seorang putra Nias menjadi pemimpin sumut dimana,setelah kepemimpinan pak PR.Telaumbanua yang telah silam, tidak ada lagi yang meneruskan oleh karna itu, dengan adanya motifasi salah seorang saudara kita yang ingin memimpin kita,memimpin Sumut maka dengan ikhlas dan dengan pikiran sehat mengatakan : satukan haluan dan pikira …… ” lo Sitedou nalo Fahasara dodo,Fa’asambua gera – era ” Selamat berjuang dan terlindung dlm kasih Tuhan Yesus Kristus !!

  2. saya secara pribadi sangat mendukung pencalonan bpk idealisman dakhi kandidat gubsu/wagubsu mudah-mudahan menang mutalk dan sah, prov sumut bangkit dan maju karena rakyat bersatu untuk kemakmuran bersama.

  3. kami putra nias yang tinggal di kota padang sumbar. mari kita dukung saudara kita/pak idealisman untuk menjadi cagu atupun cawagub sumut… mari kita ajak sesama kita suku nias untuk bersatu mendukung rencana pencalonan saudara/bpk idealisman menjadi cagub atau cawagub sumut.. tapi saran dari kami putra nias yang berada di kota padang sumbar. alangkah baiknya pak idealisman jangan jadi cawagub tapi harus jadi no1 yaitu cagub.. saohagolo dan YAAHOWU

  4. Ayo kita dukung pak Idealisman. Mungkin kalau berpasangan dengan RE Nainggolan, yakin bisa menang. Basis massa kita kuat.

  5. Sudah saatnya Putra Nias yang memimpin Sumatra Utara. Untuk itu marilah kita (putra-putri Nias) bersatu hati untuk mendukungnya. Jangan ada sikap iri hati di antara sesama kita. Kita semua (orang Nias) akan bangga apabila ada Putra Nias yang menjadi pemimpin Sumatera Utara. Selain itu juga, kita jg harus mendukung pembentukaan Propinsi Kepulauan Nias, sehingga dengan demikian Pulau Nias akan mengalami kemajuan dalam berbagai bidang.
    Mari kita bersatu untuk mendukung itu.
    Ya’ahowu Ono Niha.

  6. ya’ahowu
    saya sebagai masiswa NIAS di medan sangat setuju,tapi perlu dipertimbangkan bahwa pak IDEALISMAN DACHI masih bupati NISEL,alangkah lebih baik jika membangun yang kecil dulu baru setelah berhasil boleh melirik yang lebih besar,kan pak bupati baru lebih setahun memimpin NISEL……..

  7. ya’ahowu;;;;;;;;;;;;;;;
    kami sebagai putra nias selatan yang ada di pulau Bali ikut turut mendukung pencalonan gubsusumut””””” semoga sumatera utara jadi kota berkembang n bebas dari kriminal;

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*