Masyarakat Serbu Pegadaian

Kamis, 03 September 2009

Untuk Modal Usaha dan Keperluan Lebaran
SIDIMPUAN-METRO; Terhitung bulan Agustus 2009, Perum Pegadaian Cabang Padangsidimpuan sudah mengucurkan sekitar Rp4 miliar dana yang sebagian besar dipergunakan masyarakat untuk keperluan membuka usaha di bulan Ramadan dan untuk kebutuhan Lebaran. Diperkirakan, pihak pegadaian akan mengucurkan dana lebih besar lagi karena semakin dekatnya Lebaran.

Perum Pegadaian Cabang Padangsidimpuan membawahi lima daerah yaitu Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, dan Padangsidimpuan. Terhitung sejak Januari hingga Juli 2009, pihak pegadaian telah menyalurkan Rp37 miliar lebih kepada nasabahnya. Total itu belum termasuk omzet bulan Agustus.

Manager Cabang Pegadaian Padangsidimpuan, Zainul Asri Nasution SE kepada METRO, Rabu (2/9) mengatakan, omzet yang ditargetkan selama tahun 2009 sebesar Rp56 miliar lebih sudah terealisasi sekitar Rp37 miliar lebih, atau terealisasi sekitar 65,66 persen. Adapun barang yang dijaminkan nasabah sebanyak 14.770 potong barang.

Dikatakan Zainul, omzet tahun ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan jika dibandingkan tahun 2008 lalu. Di mana omzet tahun 2008 sebesar Rp35 milliar dari total dana Rp39 miliar lebih yang disiapkan.

Sementara untuk posisi Bulan Juli 2009, terang Zainul, dana yang sudah tersalurkan Rp5 miliar lebih dengan barang jaminan sebanyak 1.816 potong barang. Jika dibandingkan pada bulan sebelumnya, omzet mengalami peningkatan karena banyak nasabah yang menggadaikan barang untuk menambah modal usaha dan kebutuhan membeli peralatan Lebaran. Sebagian besar nasabah itu, kata Zainul, adalah pegawai negeri dan swasta.

Ditambahkannya, meski bulan Ramadan dan Lebaran volume masyarakat yang menggadaikan barangnya meningkat, namun tiga hari sebelum Lebaran biasanya nasabah akan kembali menebus barang atau perhiasannya.

“Biasanya tiga hari menjelang lebaran barang-barang yang digadaikan akan kembali ditebus untuk dipakai kembali pada hari Lebaran. Umumnya yang datang menggadaikan barang adalah pedagang dan pegawai,” terangnya.

Ditanya target omzet yang, Zainul memrediksi akan terealisasi sebelum tahun 2009 berakhir. Dan bagi masyarakat di Tabagsel yang hendak menggadaikan barangnya, Zainul menyarankan mendatangi kantor Unit Pelayanan Cabang (UPC) di Batang Toru tepatnya di Jalan Puskesmas belakang Pasar Batang Toru, silayah Paluta berada di Jalan Pasar Gunung Tua. Dan wilayah Madina di Jalan Merdeka, Kayu Jati Panyabungan. (phn)

sumber: www.metrosiantar.com

POST ARCHIVE: This content is 8 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
google Masyarakat Serbu Pegadaianfacebook Masyarakat Serbu Pegadaiantwitter Masyarakat Serbu Pegadaianlinkedin Masyarakat Serbu Pegadaianemail Masyarakat Serbu Pegadaianprint Masyarakat Serbu Pegadaian

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*