Mei, Sumut Deflasi 0,23 Persen

MEDAN- Pada bulan Mei 2011, Sumatera Utara kembali mengalami deflasi. Deflasi kali ini sebesar 0,23 persen. Komoditas utama penyumbang deflasi antara lain, cabai merah, bawang merah, dan ikan.

Kepala Bidang Statistik Produksi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara, Erwin Said, mengatakan, pada bulan Mei 2011, tiga kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Sumut mengalami deflasi yaitu Medan sebesar 0,30 persen, Sibolga sebesar 0,56 persen, dan Padang Sidimpuan sebesar 0,06 persen. Sedangkan Pematang Siantar mengalami inflasi sebesar 0,31 persen.

“Dengan demikian, Sumut pada bulan Mei 20 11 mengalami deflasi sebesar 0,23 persen,” katanya.

Dia menambahkan, terjadinya deflasi di Medan pada bulan Mei dipengaruhi adanya penurunan harga beberapa komoditas seperti cabai merah, ikan dencis, ikan kembung, telepon selular, ikan tongkol, bawang merah, dan kentang.

Dari 16 kota IHK di Sumatera, enam kota diantaranya mengalami deflasi, dimana deflasi tertinggi terjadi di Lhokseumawe sebesar 1,13 persen dan deflasi terendah terjadi di Bandar Lampung sebesar 0,03 persen.

Waspada.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*