Melintas di Jalan Sipirok-Arse, Pemudik Diimbau Waspada

Para pemudik diminta waspada saat melintas di jalan provinsi Sipirok-Arse, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Sebab, kondisi jalan terdapat banyak lubang yang sewaktu-waktu mengancam pengguna jalan.

Amatan METRO Senin (6/9) dan Selasa (7/9), mulai dari Pasar Sipirok, Kecamatan Sipirok hingga Desa Roncitan, Kecamatan Arse, banyak jalan yang berlubang, terutama di Desa Sibadoar, Kecamatan Sipirok, Aek Hamijon, Nanggar Jati Huta Padang, dan Roncitan di Kecamatan Arse.

Ruas jalan provinsi Sipirok-Arse yang berlubang, Selasa (7/9). metrosiantar

Kendatipun terlihat beberapa ruas jalan mendapatkan pemeliharaan dengan tambal sulam sekitar sebulan lalu, namun sebagian sudah rusak dan masih banyak kondisi jalan yang berlubang-lubang. Selain itu, jalanan tersebut juga sempit sehingga dua mobil jenis van saja berpapasan, salah satunya harus berhenti atau minimal laju kendaraan kedua mobil yang berpapasan harus pelan.

Putra (23) salah seorang pengendara sepedamotor yang melintas mengaku heran melihat kondisi jalan masih banyak yang tidak diperbaiki. “Susah melintas bang, perut terasa diguncang, saya heran yang ditambal hanya sebagian sedangkan yang parah tidak diperbaiki,” katanya.

Sementara itu, aktivis LSM Lepanri NGO, Drs Baginda Muda Siregar, kepada METRO mengungkapkan, melihat kondisi jalan sudah seharusnya diperbaiki maka pihak terkait didesak bekerja lebih serius untuk memperbaikinya. “Saya juga sudah melihat jalan itu ditambal sulam sebulan terakhir. Namun sebagian sudah mengalami kerusakan kembali,” tandasnya.

Di Tapteng, Arus Mudik Lengang

Empat hari sebelum Lebaran (H-4), arus mudik di jalur lintas Barat (Jalinbar) Sibolga-Padangsidimpuan masih lengang. Seperti pantauan METRO, (Selasa, 7/9), kendaraan yang melintasi jalan lintas Tapteng-Padangsidempuan masih didominasi oleh kendaraan warga lokal yang melaksanakan aktifitasnya sehari-hari. Jumlah kendaraan pun masih normal, truk barang dan angkutan umum serta bus penumpang tampak sesekali melintas dengan kecepatan rata-rata 60 km per jam.

Baca Juga :  Baru Direhab Sudah Dipenuhi Semak Belukar - Warga Sipirok Desak Pos Lalulintas Ternak Difungsikan

“Belum ada peningkatan yang signifikan, masih normal seperti hari biasa. Jika ada peningkatan mungkin pada H-2 hingga H+3 nanti. Apalagi memang jalur ini bukan jalur utama yang dilintasi pemudik,” kata AKP K Nababan, yang mengkoordinir Pos PAM Lebaran II di Kelurahan Kalangan, Kecamatan Pandan, tepatnya di Jalan P Sidempuan Km 15, Selasa (7/9) di lokasi. Meski begitu, kata AKP K Nababan yang juga Kasat Narkoba Polres Tapteng itu, personel kepolisian juga berkoordinasi dengan petugas dari Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, SAR, Pramuka, dan pihak terkait lainnya untuk tetap siaga.

Waspada Longsor

Sementara untuk antisipasi, pihak kepolisian juga menyiagakan alat berat di jalinsum Tarutung- Sibolga di kawasan Bonan Dolok, mengingat kawasan tersebut rawan longsor. Sedangkan daerah rawan kecelakaan yang harus diwaspasdai yakni di kawasan Sibabangun, Pinang Sori, dan Pandan. Sedangkan, untuk daerah rawan banjir yakni di kawasan Tano Ponggol. “Kalau rawan macet tidak ada. Namun untuk kawasan yang rawan-rawan tersebut kita sudah siapkan sarana untuk antisipasi. Seperti di Bonan Dolok, kita dirikan Pos PAM Lebaran II dan siagakan unit alat berat,” kata Kasat Lantas Polres Tapteng AKP Dahlan Anzib.

Seperti pengalaman tahun sebelumnya, tambah AKP Dahlan, secara umum arus mudik dan balik lebaran pada jalur lintas Barat lancar. Namun, lanjut AKP Dahlan, pihaknya tetap mengimbau para pengendara agar selalu waspada dan berhati-hati, demi keselamatan bersama. “Pos PAM juga dapat digunakan sebagai tempat beristirahat sejenak bagi para pemudik,” tuturnya, sembari menyebutkan mobil Dinas Kesehatan dan Puskesmas di sepanjang jalur lintas juga akan disiagakan 24 jam.

Baca Juga :  Memuluskan Rekayasa Manipulasi Perkara: Polres Tapsel Bohongi Pengadilan Negeri Padangsidimpuan

Sumber: http://metrosiantar.com/Metro_Tabagsel/Melintas_di_Jalan_Sipirok-Arse_Pemudik_Diimbau_Waspada

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*