Membangun Sumatera Utara Harus Dimulai dari Hal Kecil

(Analisa/rizal r surya) Ketua DPW PAN Sumut Syah Afandin saat berdiskusi dengan berbagai elemen mahasiswa dan pemuda di Warung Lontong Mbak Erni di Jalan Pembangunan I, Kamis (14/6).

Medan, (Analisa). Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sumut H Syah Afandin mengatakan, membangun Sumatera Utara harus dimulai dari hal-hal kecil dan didukung semua pihak.

“Tidak perlu berpikir muluk-muluk untuk membangun Sumatera Utara menjadi provinsi yang besar dan maju. Cukup berpikir sederhana dan melakukan dari hal-hal yang kecil dulu,” ujar Syah Afandin saat berdikusi dengan berbagai elemen mahasiswa dan pemuda seperti dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Medan, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Medan, Pemuda Muhammadiyah Sumut dan tokoh masyarakat dari Medan Marelan, di Warung Lontong Mbak Erni di Jalan Pembangunan I, Kamis (14/6).

Omdin sapaan akrab Syah Afandin mengatakan, dari hal-hal yang kecil baru kita me langkah ke hal-hal yang besar. “Itupun harus mendapat dukungan semua pihak. Sebab tanpa dukungan semua pihak pembangunan tidak akan bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Soal Gubernur Sumatera Utara ke depan, Omdin yang juga Ketua DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumut mengatakan, Gubsu ke depan harus mampu merangkul dan mengayomi seluruh potensi yang ada.

“Mengapa Sumut yang memiliki potensi luar biasa kalah dengan daerah lain? Karena potensi yang ada tidak bisa dimaksimalkan terutama sumber daya manusia (SDM) yang kurang bisa bekerjasama,” ujarnya.

Karena Omdin yang saat itu didampingi Wakil Ketua dan Wakil Sekretaris DPW PAN Sumut Abdul Hakim Siagian dan Hendra Cipta mengatakan, Gubsu ke depan harus bisa berkoordinasi dengan seluruh kepala daerah tingkat II dan para anggota dewan di pusat serta para pejabat dan tokoh masyarakat asal Sumut.

Baca Juga :  Horas! Ribuan Warga Sambut Kehadiran Jokowi di Pulau Samosir

“Kalau seluruh potensi itu bisa disatukan maka Sumut akan menjadi provinsi yang luar biasa di Indonesia,” ujarnya.

Peran strategis

Khusus kepada para mahasiswa dan pemuda, Omdin mengatakan, mereka memiliki peran yang srategis dalam pembangunan bangsa ini.

“Peran kalian sangat strategis karena itu harus manfaatkan momen ini sebaik mungkin. Kita janga hanya jadi penonton tapi harus jadi pemain di dalamnya,” ujarnya.

Sebagai pemuda dan mahasiswa, Omdin menasihati untuk berpikir positif. “Kita harus berpikir positif untuk membangun daerah dan bangsa ini. Kritik boleh dilakukan namun lakukan dengan cara-cara intelektual sebagai seorang mahasiswa dan pemuda,” ujarnya.

Sebagai mahasiswa lanjut Omdin kita harus mampu memberi masukan yang konstruktif dan tidak harus turun ke jalan apabila bisa dilakukan dialog.

“Jangan hanya cari-cari kesalahan pejabat untuk menjatuhkannya. Kalau ada yang perlu dikoreksi dan perbaiki, berilah masukan bagaimana yang sebaiknya. Karena pejabat itu juga manusia yang tidak tahu segalanya serta butuh masukan,” ungkapnya.

Para pemuda dan mahasiswa serta tokoh masyarakat yang hadir terlihat memahami dan menerima masukan dari Omdin.

Diskusi yang berlangsung dengan santai tersebut juga membicarakan berbagai hal tidak hanya soal kepemimpinan nasional dan daerah tetapi juga soal-soal lainnya seperti politik, pembangunan dan hal-hal yang berkembang di tengah-tengah masyarakat. (rrs)

Sumber: analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Dato Seri Lelawangsa Mengucapkan Selamat Datang Peserta Perkemahan HUT Pramuka Ke-53

4 Komentar

  1. tidak benar PT.INALUM yang menyebabkan air danau toba surut dan itu tidak benar. malah PT.TOBA PULP LESTARI,tbk PALING BANYAK MENYEBABKAN AIR DANAU TOBA surut karena penggundulan hutan disekitar kawasan hutan danau toba di 7 kabupaten yang mengelilingi danau toba sebagai kawasan penebangan hutan untuk bubur kertas indorayon tersebut.

  2. yang menyebabkan air danau toba surut bukan hanya PT.TOBA PULP LESTARI,Tbk. tetapi kontribusi terbesar adalah PT.INALUM yang mengeruk air sungai Asahan dengan bendungan siruar, jadi bukan PT.TPL . klarifikasi untuk umum dari PT.TOBA PULP LESTARI,Tbk. staff humas senior PT.TOBA PULP LESTARI,Tbk. porsea

  3. Calon Gubsu mendatang harus mampu melindungi perusahaan – perusahaan besar sekelas PT.TOBA PULP LESTARI,TBK. yang banyak mendatangkan devisa bagi prop. sumut.. kami atas nama PT.TOBA PULP LESTARI,TBK. mendukung calon Gubsu khusus dari kawasan hutan 8 kabupaten tempat kami beroperasi di sumut. horas PT.TPL

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*