Menang 2-0, Malaysia Selangkah Lebih Dekat ke Final

Malaysia selangkah lebih dekat menuju final Piala AFF 2010. Tim besutan pelatih Rajagobal R Krishnasamy ini berhasil melewati leg 1 babak semifinal dengan sangat manis, menyusul kemenangan 2-0 atas Vietnam, Rabu (15/12/10).

2048273620X310 Menang 2 0, Malaysia Selangkah Lebih Dekat ke Final
Striker Malaysia, Mohd Safee Bin Mohd Sali (kiri) berebut bola dengan pemain Vietnam, Le Phouc Tu, pada leg 1 semifinal Piala AFF 2010, Rabu (15/12/10). Safee borong gol Malaysia, yang menang 2-0

Striker Mohd Safee Bin Mohd Sali menjadi pahlawan Malaysia dalam duel yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia. Pada babak kedua, pemain bernomor punggung 10 ini yang memborong gol kemenangan Malaysia, sehingga mereka memiliki tabungan yang bagus sebagai bekal menghadapi leg kedua di Vietnam, Sabtu (18/12/10) mendatang.

Ya, dengan kemenangan cukup telak dan gawangnya tak kebobolan, Malaysia punya peluang yang sangat besar dan tak punya beban terlalu berat untuk meraih tiket ke final. Pasalnya, pada leg kedua nanti di Stadion My Dinh, Hanoi, Malaysia hanya perlu bermain imbang atau cukup kalah dengan selisih satu gol.

Sebenarnya, pada awal pertandingan Vietnam tampil agresif dan lebih banyak menguasai jalannya pertandingan. Tetapi, solidnya barisan pertahanan Malaysia, membuat Vietnam kewalahan untuk menembusnya, sehingga mereka justru terlihat frustrasi.

Kesempatan ini dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Malaysia, yang sempat dibantai Indonesia dengan skor 1-5 pada penyisihan Grup A. Pada menit ke-61, Safee menjebol gawang Vietnam lewat sundulan kerasnya dari garis 16 meter. Gol ini juga tercipta karena kesalahan penjaga gawang Vietnam, Bui Tan Truong, yang melakukan blunder lantaran tidak sempurna menangkap si kulit bundar.

Baca Juga :  Golput Pilkada Sumut 50% Lebih

Keunggulan ini membuat Malaysia semakin tak tertahankan. Dukungan puluhanribu suporternya, membuat mereka semakin agresif sehingga bisa menambah satu gol lagi pada menit ke-80. Safee kembali mengoyak jala gawang sang juara bertahan, setelah memanfaatkan rebound bola hasil tendangan keras Safiq Bin Rahim dari luar kotak penalti, yang tak sempurna ditepis penjaga gawang Vietnam.

Pada 10 menit terakhir, Vietnam berusaha memperkecil ketinggalannya. Sayang, pasukan besutan pelatih Portugal Henrique Calista ini tak punya serangan mematikan untuk merobohkan tembok pertahanan Malaysia, sehingga sampai peluit panjang berbunyi, skor tetap 2-0 untuk Malaysia.

Partai semifinal lainnya mempertemukan Indonesia dan Filipina. Leg pertama baru akan berlangsung Kamis (16/12/10) di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, dengan Filipina sebagai tuan rumah. Duel tetap berlangsung di Indonesia, karena Filipina tak punya lapangan yang memenuhi standard untuk mementaskan laga internasional. (kompas.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*