Mencari Bukti Korupsi Mantan Sekda Tapanuli Selatan – Hanya Tiga Berkas Ditemukan

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN – Menghilangnya berkas bukti korupsi mantan Sekda Tapanuli Selatan, Rahudman Harahap, memaksa Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara mengirim tim ke Tapsel. Tujuannya untuk mencari berkas alat bukti korupsi Rp 13,5 Miliar yang dibutuhkan BPKP Sumut agar bisa melakukan audit.

Tim sudah diterjunkan ke Tapsel sejak 4 Oktober 2011 lalu. Dibantu oleh beberapa orang dari Kejaksaan Negeri Tapsel. Kurang lebih satu minggu berada di sana. Namun hasilnya mengecewakan. Dari 27 berkas yang dicari, hanya 3 berkas saja yang berhasil ditemukan. Itu pun bukan merupakan berkas yang sangat penting yang bisa menjadi alat bukti kuat korupsi Rahudman yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Medan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Asisten Pindana Khusus, Kejaksaan Tinggi Sumut, Mansyur Zaini beberapa waktu lalu. “Ya, ada tiga atau empat berkas yang berhasil ditemukan,” ucapnya. Satu dari tiga berkas yang berhasil ditemukan hanyalah rekening koran dari bank.

Kesulitan menemukan berkas alat bukti tersebut menurut Mansyur adalah karena berkas tersebut sudah sangat lama. Yakni berkas tahun 2004 dan 2005. “Pejabat-pejabatnya sudah ada yang meninggal, sudah banyak yang pindah, jadi nggak mudah mencari berkasnya,” ungkapnya.

Meski demikian, Mansyur mengaku ada keganjilan tentang hilangnya berkas tersebut. “Ini kan aneh, berkas-berkas bisa hilang, tapi kita akan tetap berusaha,” ujarnya.

Meski yang hanya berhasil ditemukan hanya beberapa berkas yang tidak terlalu penting, namun Mansyur mengatakan pihaknya akan terus memberikan laporan kepada Kejaksaan Agung di Jakarta dan menunggu instruksi dari sana. Sedangkan berkas yang sudah ditemukan langsung diserahkan ke BPKP Sumut untuk ditindaklanjuti.

Baca Juga :  Danrem Sidimpuan Ingatkan Ancaman Globalisasi

“Tim sudah kita kirim ke Kejagung untuk melaporkan semua perkembangan, kita tunggu saja dari Kejagung, kalau dilanjutkan kita siap dan akan terus kita tindaklanjuti, kalau tidak akan kita hentikan,” ungkap Mansyur. (Rif/tribun-medan.com)

Penulis : Arifin Al Alamudi
Editor : Sofyan Akbar
Sumber : Tribun Medan
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*