Mendagri : 281 Kepala Daerah Terjerat Masalah Hukum

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan sebanyak 281 Kepala Daerah terjerat masalah hukum. Status dari 281 kepala daerah tersebut berupa tersangka, terdakwa, saksi dan terpidana.

“Saya nanti akan menghubungi Sekdanya dan Gubernurnya untuk memberikan sanksi. Kalau terbukti melanggar hukum, SK sudah ada, dia langsung dicopot,” ujar Gamawan di kantornya, Jakarta, Kamis (8/11/2012).

Gamawan tidak merinci lebih jauh mengenai keterlibatan 281 kepala daerah tersebut. Sebab, Gamawan tidak tahu persis jenis perkara hukum yang melibatkan mereka.

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Reydonnyzar Moenoek mengatakan sekitar 70 persen dari 281 kepala daerah terjerat pidana korupsi.

Selain terjerat korupsi, kepala daerah terkait tindak pidana umum, contohnya pemalsuan ijasah. “Kebanyakan dari mereka sudah berkekuatan hukum tetap,” kata Reydonnyzar.

(007-kompas)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*