Mendagri Turki: 217 Orang Tewas akibat Gempa

KOMPAS.com — Jumlah korban meninggal dalam gempa bumi bermagnitud 7,2 di Turki terus bertambah. Menteri Dalam Negeri Turki menyatakan, jumlah korban tewas saat  ini tercatat 217 orang dan 1.090 orang lainnya terluka.

Mendagri Turki Idris Naim Sahin, Senin (24/10/2011), menyatakan, sebanyak 100 orang tewas di kota Van dan 117 orang lagi tewas di Kabupaten Ercis, Provinsi Van, sementara 1.090 orang lagi cedera.

Sebelumnya, Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan, jumlah korban tewas mencapai 138 dan sebanyak 350 orang lagi cedera.

Van merupakan provinsi di wilayah timur Turki. Sebagian besar penduduknya adalah orang Kurdi.

Gempa yang terjadi pada Minggu adalah yang paling kuat di Turki dalam beberapa tahun terakhir. Turki, yang rentan terhadap gempa, berada di atas beberapa lempeng gempa. Pada tahun 1999, dua gempa kuat di daerah yang berpenduduk padat dan wilayah industri di bagian barat laut Turki menewaskan sebanyak 20.000 orang.

Gempa kuat di kota kecil Caldiran di Provinsi Van menewaskan 3.840 pada 1976. Petugas pertolongan pada Senin mencari korban gempa di Turki timur.

“Upaya pencarian dan pertolongan akan dilanjutkan sampai malam,” kata PM Erdogan.

Tayangan televisi memperlihatkan tim pencarian dan pertolongan menemukan mayat dari bawah reruntuhan di kota Van dan Ercis, dengan penerangan dari generator saat malam tiba.

Baca Juga :  Edward Nino Hernandez, Pria Terpendek di Dunia dari Kolombia

Erdogan mengatakan, situasi sangat menyedihkan di Ercis, kabupaten yang memiliki sebanyak 100.000 orang.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*