Mendiknas Diminta Cek Kebenaran WR Supratman Penganut Ahmadiyah

WR%2BSupratman Mendiknas Diminta Cek Kebenaran WR Supratman Penganut Ahmadiyah Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta Kementerian Pendidikan Nasional diwakili Mendiknas untuk mengecek kebenaran pencipta lagu Indonesia Raya, WR Supratman adalah seorang penganut Ahmadiyah atau bukan. Hal itu disampaikan anggota Komisi III DPR RI Martin Hutabarat.

“Mendiknas perlu perjelas apakah benar WR Supratman, Pahlawan nasional yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya adalah seorang penganut Ahmadiyah,” kata Martin kepada detikcom, Selasa (8/3/2011) malam.

Hal tersebut mencuat saat Komisi III DPR mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama puluhan LSM di gedung DPR, Jakarta, Selasa (8/3). Mereka menyebut bahwa WR Supratman dan Arief Rachman Hakim, Pahlawan Ampera, mahasiswa Universitas Indonesia yang tertembak dan gugur dalam perjuangan Orde Baru tahun 1966 didepan Istana Negara adalah penganut Ahmadiyah.

“Untuk mengklarifikasi fakta sejarah, sebaiknya Menteri Pendidikan perlu
memberi penjelasan agar kita bisa mendapat fakta yang otentik terhadap kebenaran berita ini,” imbuh Politisi Gerindra ini.

Sebelumnya Amir Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI), Abdul Basij, mengklaim pencipta lagu tersebut adalah pengikut Ahmadiyah. Karena itulah Ahmadiyah merasa berjasa memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Ahmadiyah juga membantu kemerdekaan RI. Pencipta lagu Indonesia Raya juga orang Ahmadiyah,” ujar Abdul Basij saat menyampaikan pandangannya di hadapan puluhan anggota Komisi VIII DPR, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/2). (detik.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  RUU Pilkada Dinilai Mempersempit Calon Independen

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*