Mendiknas: Jalur Masuk Sekolah Khusus Anak Pejabat, Memalukan

Jakarta – Menjelang masa pendaftaran sekolah, muncul kabar tak sedap dari dunia pendidikan. Di Kota Kediri ada jalur khusus bagi anak pejabat dan anggota DPRD. Pengadaan jalur khusus bagi anak pejabat tersebut jelas dilarang oleh Kemendiknas.

“Itu kan memalukan. Masa ada anak pejabat bisa masuk seenaknya,” kata Mendiknas M Nuh usai rapat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2011).

Kabarnya, jalur khusus ini akan diberikan bagi anak pejabat dan anak anggota DPRD. Draft yang akan segera disahkan menjadi Peraturan Wali Kota Kediri tersebut mengatur sejumlah mekanisme penerimaan siswa baru yang harus diikuti seluruh sekolah.

Di antaranya adalah pembagian kuota siswa dari dalam Kota Kediri sebesar 80 persen dan luar kota 20 persen. Dari jumlah 80 persen itu, masih dibagi lagi menjadi jalur mandiri yang diperuntukkan anak pejabat sebesar 10 persen, keluarga miskin sebesar 10 persen, dan sisanya peserta umum.

Nuh janji akan melakukan pengecekan terkait kebijakan di Dinas Pendidikan Kediri ini. Dia pun mengimbau agar daerah lain tak melakukan hal yang sama.

“Kabarnya itu sudah nggak jadi. Nggak ada, katanya. Memalukanlah kalau ada,” tegas Nuh.

“Saya belum ngecek, tapi kan ada Pak Walikota yang bertanggung jawab,” lanjutnya.

Jadi akan dilarang di semua daerah?

“Itu sudah ilmu umum lah,” jawabnya.

Baca Juga :  Menkes: Keren itu Orang yang Nggak Merokok!

detik.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. Satu sisi banyaknya anak pejabat sekolah di salah satu sekolah sangat menguntungkan pihak sekolah, karena semua akses akan mudah didapat dan diawasi sehingga seklah tersebut dapat lebih maju.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*