Mengapa Bongkahan Es Mengambang?

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa bongkahan es bisa mengambang di lautan? Misteri itu telah terpecahkan. Berikut penjelasannya.

Terdapat beberapa alasan mengapa bongkahan es bisa mengambang. Pertama, bongkahan es bisa mengambang karena air memiliki banyak kandungan menakjubkan. Selain untuk kebutuhan kehidupan dan menyegarkan, terutama ketika panas menyengat di siang hari.

Air merupakan salah satu zat yang sedikit lebih padat sebagai cairan. Hal inilah yang menyebabkan bongkahan es bisa mengambang di air.

Kedua, sedikit lebih menarik, kebanyakan es sebenarnya berisi air. Jauh dari kata ‘padat’, seperti yang banyak orang kira. Bongkahan es sendiri tersusun dari miliaran blok es kecil yang terperangkap dalam gelembung udara yang membuat bongkahan besar es tampak putih.

Ketiga, bongkahan es terbuat dari air tawar. Sebab garam larut di lautan, air menjadi lebih padat dibanding air tawar dan menambah daya mengapung pada bongkahan es itu. (inilah.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*