Mengenal File Torrent

Sudah pernahkan kamu berburu file-file torrent di dunia maya ?

%name Mengenal File Torrent

Yah, ada lumayan banyak situs web yang menyediakan file-file torrent yang bisa kamu download secara gratis. File yang dishare pun sangat bermacam-macam, bahkan hampir semua macam file ada. Tapi, sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya kita kenal dulu beberapa pengertian dari torrent dan istilah-istilah yang sering ada ketika kita download torrent.

Torrent adalah protokol komunikasi sharing (berbagi) file/data secara peer-to-peer(P2P). Torrent adalah suatu metode mendistribusikan data dalam jumlah yang besar secara luas tanpa harus menanggung semua beban resource/kinerja hardware, hosting, & bandwith pada distributor asli data/file tersebut. Ketika data didistribusikan menggunakan protokol Torrent, setiap pengguna yang mendownload file tersebut juga ikut mendistribusikan sebagian kecil data kepada pengguna baru yang mendownload file/data tersebut, hal ini mengurangi biaya dan kinerja dari sang distributor asli. Hal ini juga mengurangi ketergantungan terhadap distributor file/data yang asli.

Yuk, kita coba mengenal istilah-istilah dalam torrent :

1. Seed adalah pengguna, yang telah selesai mendownload file dari torrent dan melakukan sharing.
2. Peer adalah semua orang yang sedang mendownload file, setelah download selesai, ia menjadi seed (seeder).
3. Leech adalah sama dengan peer, sering digunakan untuk menamai peer dengan UD (Upload/Download) ratio yang rendah. Sedangkan istilah Leecher ditujukan kepada yang telah selesai mendownload sebuah file dan begitu selesai mendownload file tersebut dia langsung disconnect atau menghentikan proses sharing file tersebut.
4. UD ratio adalah rasio download dan upload. Rasio upload dan download termasuk sedang, bila bernilai 1 (yang anda download sama dengan yang anda upload)
5.Tracker adalah server, yang mengkoordinasikan proses download semua user. Server tersebut menyimpan data tentang berapa banyak seeder, leecher, peers dan info lainnya dari sebuah file torrent. Tracker mengidentifikasi lokasi network dari orang-orang yang  mendownload, upload/sharing sebuah file.
6.Swarm adalah simpulan dari semua seed dan peers (dengan demikian tracker mempunyai swarm untuk semua komputer yang pernah mendownload file torrent darinya).

Baca Juga :  Komik Strip: Kultwit (Kuliah Twitter)

Ada beberapa Tips untuk memlih file torrent dari Tracer Torrent (website yg menyediakan file torrent), sehingga kecepatan file yg kita download lebih stabil/cepat, yaitu:

1. Saat memilih file torrent lihat perbandingan seed dan leech-nya. Kalo seed lebih banyak daripada leech biasanya download bakal cepet, kalo sebaliknya download bisa lambat.
contoh:
seed = 10.000; leech = 50.000 => kemungkinan besar lambat –> rasio(1/5)
seed = 50; leech = 5 => kemungkinan besar cepat –>rasio (10/1)
2. Perhatikan juga kualitas file torrent yg kita download dari Tracer torrent. Diindikasikan dari banyaknya orang yg telah mendownload file tersebut dan komentar positif terhadap file tersebut.
3. Setting BitTorrent/uTorrent di Option– Preferences — Advanced — carinet.max_halfopen setting antara 50 – 100 (saya pakai 80) default value 8.
5.Setting BitTorrent/uTorrent di Option — Preferences — Bandwidth — masukkan nilai untuk :

Global maximum number connection (ini adalah total peer yg tersambung ke kita) etc:200 makin besar makin baik;

Maximum connected peer per torrent (ini jumlah peer yg tersambung ke kita untuk tiap file yg kita donwload/share) etc:60 makin besar makin baik;

Number of upload slot ini adalah jumlah peer yg bisa mendownload dari kita secara bersamaan) etc:2 makin kecil makin baik.

Sekian, semoga bermanfaat !!!

Sumber : http://elhaidar.wordpress.com/2010/04/22/torrent-adalah/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  HP rilis dua PC all-in-one untuk pasar Indonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*