Mengenal Penemu Pertama Hard Disk Drive

Mengenal Penemu Pertama {Hard Disk Disk} (Foto: Alchetron)
Mengenal Penemu Pertama {Hard Disk Disk} (Foto: Alchetron)

JAKARTAHard disk adalah komponen yang sangat penting dalam dunia teknologi, terutama komputer. Perangkat ini digunakan untuk menyimpan data dengan lebih aman dan mudah.

Namun sebelum Anda bisa menenteng hard disk drive eksternal sebesar 5 TB dengan enteng, seorang pria dari perusahaan IBM menjadi penemu dari hard disk drive komersial pertama di dunia. Bernama Reynold B Johnson, ilmuwan komputer ini belajar di University of Minnesota.

Johnson memulai kariernya sebagai guru sains sosial SMA. Pada 1932, dia memiliki perangkat eletromekanikal yang secara otomatis menilai hasil tes yang ditandai dengan pensil. Saat ini, mesin itu sudah sangat umum, namun dulunya ide itu ditolak oleh perusahaan yang membesarkan namanya.

Baru pada 1934, IBM berubah pikiran dan mempekerjakan Johnson sebagai salah satu teknisinya di laboraturium Columbia University and Endicott. Selama hampir empat dekade pengabdiannya di IBM, Johsnon telah menerima lebih dari 90 paten, namun fokusnya adalah pada metode penyimpanan data komputer.

Ketika dia memulai karier teknisinya, dia pernah dipindah ke lab San Jose yang memiiki solusi dan penyimpanan data yang lebih efisien. Eksperimen Johnson dan timnya terus bergulir hingga akhirnya pada 1956, IBM menjual disk drive pertama ke Crown Zellerbach. Driver tersebut dibuat dari 24 disk magnetic aluminum dengan ukuran diameter yang besar. Ukurannya sangat besar namun jumlah data yang disimpannya hanya 5 MB.

Baca Juga :  Diaspora, Penantang Serius Facebook

Selain hard disk drive, Johnson juga menemukan microphonograf yang memungkinkan mainan itu berbicara pada anak ketika mereka menunjuk atau membaca di dalam mainan. Dia mendapat Medali Nasional Teknologi pada 1986.


Okezone.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 3 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*