Menguat, Rupiah Nyaris Tembus Level Psikologis Rp8.800/USD

Situasi yang kembali positif pascasentimen positif muncul akibat statement Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS) membuat pasar keuangan global kembali menguat. Rupiah pun ikut menguat dan mendekati level Rp8.800 per USD.

Rupiah, menurut kurs tengah Bank Indonesia (BI) Kamis (3/3/2011) menguat ke USD8.809 per USD, dari perdagangan hari sebelumnya Rp8.824 per USD.

Sementara berdasarkan yahoofinance, rupiah menguat ke Rp8.802,5 per USD dengan kisaran perdagangan Rp8.797,5-Rp8.802,5 per USD.

Sementara nilai dolar AS terpantau menguat atas sejumlah mata uang utama dunia lainnya. Euro melemah atas dolar ke 1,3853 per USD, yen melemah ke 81,845 per USD, dan dolar Australia juga melemah ke 1,0156 per USD.

Analis Samuel Sekuritas Indonesia Lana Soelistianingsih menjelaskan jika dalam testimony Gubernur The Fed AS Ben Bernanke menyatakan bahwa pemulihan ekonomi AS belum memuaskan walaupun pasar tenaga kerja sudah menunjukkan perbaikan.

Oleh karenanya Bernanke masih melihat perlunya melanjutkan kebijakan moneter yang mendukung dengan tetap mempertahankan suku bunga FFR di 0-0,25 persen untuk periode perpanjangan extended period). Dalam Beige Book (Laporan the Fed yang dipublikasikan) menunjukkan pertumbuhan ekonomi negara-negara bagian berkisar antara modestly to moderatel

Tetapi The Fed mengakui bahwa pasar tenaga kerja menunjukkan perbaikan didukung oleh meningkatnya penjualan ritel dan pertumbuhan yang solid (solid growth) di sektor manufaktur. Testimony ini direspon positif pasar AS. Dow naik, respon positif di Dow ini akan disambut positif di pasar Asia hari ini(okezone.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Daftar Caleg Gagal Berperilaku GanjilAda yang bicara tidak terkontrol sampai menarik kembali sumbangannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*