Menhub: Dari 26 Bandara Internasional Hanya 5 Memadai

Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengungkapkan banyak bandar udara di Indonesia yang kondisinya tak memadai. Bahkan dari 26 bandar udara berstatus internasional hanya 5 yang kondisinya layak.

“Bandara yang ada saat ini akan ditingkatkan, dari 26 yang internasional hanya 5 yang memadai,” ujar Freddy di gedung DPR-RI, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2010).

Ia mengatakan dalam rangka ASEAN Open Sky Pemerintah akan menggenjot kelayakan bandar udara di Indonesia. “Ini supaya memenuhi syarat-syarat yang diminta,” ucapnya.

Ia mencontohkan untuk Banda Udara Ngurah Rai, akan diperluas dengan membangun udara baru sebagai antisipasi kebutuhan kapasitas bandara di Bali.

“Ada keinginan untuk mengembangkan satu lagi untuk mem-back up yang ada sekarang, karena volume sudah over. Sekarang sedang dilakukan feasibility study,” katanya.

Sementara itu Presiden SBY pada penyampaian Nota Keuangan APBN 2010 menyatakan pemerintah akan memperbaiki kondisi bandara termasuk berencana membangun bandar udara baru.

“Di bidang perhubungan anggaran belanja akan kita gunakan untuk pengembangan dan rehabilitasi 118 bandar udara dan pembangunan 14 bandar udara baru,” kata SBY dalam pidatonya hari ini.

Selain itu pemerintah juga akan melakukan pembangunan jalur kereta api baru, termasuk jalur ganda sepanjang 85,06 Kkm dan peningkatan kondisi dan keadaan jalur kereta api sepanjang 126,12 km.

Sumber : http://www.detikfinance.com/read/2010/08/16/191631/1421662/4/menhub-dari-26-bandara-internasional-hanya-5-memadai?f9911023

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Sepasang Sarung Tinju Muhammad Ali Terjual Rp 4,5 Miliar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*