Menhut Beri Lapak Untuk kantor Bupati

P.SIDIMPUAN – Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, melalui surat No: SK.244/Menhut-II/2011 tertanggal 29 April 2011 telah memberi izin pelepasan sebagian kawasan hutan produksi di Sipirok untuk pertapakan perkantoran Pemkab Tapanuli Selatan dan sarana prasarana lainnya.

“Luasnya 271,10 hektare di sekitar Desa Tolang, Kecamatan Sipirok,” kata Bupati Tapsel, Syahrul M Pasaribu, didampingi Wakil Bupati, Aldinz Rapolo Siregar, Plt Sekdakab Aswin Efendi Siregar dan Kadis Kehutanan Tapsel, Syahgiman Siregar.

Disebutkan, terbitnya Keputusan Menhut RI No: SK.244 tersebut setelah  diterbitkannya Keputusan Menhut RI No. SK.243 tentang kawasan hutan pengganti seluas 277 ha di wilayah Batang Toru.

Bupati merinci, dari 271,10 ha areal yang dibebaskan Menhut itu, sekitar 134 ha diperuntukkan untuk pembangunan pertapakan kantor Bupati Tapsel dan sarana-prasarana pemerintah lainnya.

Kemudian sekitar 79 ha untuk tetap mempertahankan hutan pinus yang ada sebagai tegakan hutan (hutan kota). Sedangkan sisanya diperuntukkan bagi rehabilitasi  areal yang tidak berhutan.

“Semangat Pemkab Tapsel untuk pindah ke wilayah Sipirok sama dengan semangat muspida plus dan seluruh masyarakat. Jadi Pemkab Tapsel sama sekali tidak pernah berniat mengulur waktu atau mengangakangi UU No.78 dan 28a tahun 2007,” ucap politisi Partai Golkar ini.

Lebih lanjut Bupati menegaskan, semua yang dilakukan Pemkab Tapsel demi kepatuhan terhadap UU No.37 dan 38 tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Padanglawas Utara dan Padanglawas yang di dalamnya diatur tentang ibukota Tapsel dan tenggang waktu perpindahannya.

Baca Juga :  Banjir Bandang Madina Butuh Bantuan

Bupati menggambarkan, sebelum Keputusan Menhut terbit, berbagai pembahasan atas aspirasi masyarakat sudah dilakukan. Seperti usulan agar pertapakan di sekitar Simago-Mago, ternyata statusnya masuk kawasan hutan. Ada juga usulan yang tidak masuk kawasan hutan, arah  Bulu Mario tapi  geografisnya rawan longsor.

Wakil Ketua DPRD Tapsel, Abdurrasyid Lubis, mendorong Bupati Tapsel untuk giat dan gencar melobi anggaran ke pusat untuk pembangunan perkantoran nantinya. Sehingga perpindahan perkantoran itu bisa terealisasi segera.

Sumber: waspada.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*