Menteri Anies Ditantang ICW Hapus Ujian Nasional

Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar-Menengah Anies Baswedan (tempo.co)

Jakarta – Koordinator Indonesia Corruption Watch, Ade Irawan, mengatakan telah bertemu dengan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar-Menengah Anies Baswedan untuk memberikan catatan khusus terhadap permasalahan pendidikan di Indonesia.

“Banyak catatan khusus kepada Pak Anies, seperti evaluasi kebijakan Kurikulum 2013, ujian nasional, dan Kartu Indonesia Pintar,” ujar Ade saat dihubungi, Ahad, 16 November 2014.

Agenda pertemuan yang digagas oleh ICW bersama Koalisi Pendidikan, Serikat Guru, dan kelompok orang tua itu berlangsung pada Jumat, 14 November 2014, di Kementerian. Intinya, ujar Ade, meminta kepada Anies mengevaluasi sejumlah kebijakan yang telah dibuat menteri sebelumnya. Sebab, kebijakan tersebut banyak menimbulkan kontroversi.
“UN, misalnya, kami meminta ada penghapusan. Sebab, kalau lihat visi-misi Jokowi di pendidikan, akan meninjau ulang UN,” tuturnya. Keputusan penghapusan itu, kata dia, harus berani diambil oleh Menteri Anies dan menyingkirkan intervensi politik dalam pengambilan keputusannya.

Sedangkan dalam aspek kelembagaan, Ade meminta Anies membenahi lembaganya dari praktek-prektek korupsi, terutama di internal, termasuk tekanan dari luar Kementerian. “Karena kementerian ini mempunyai uang yang cukup besar, sehingga mengundang banyak pihak untuk bermain,” ujarnya. “Kami harap Anies berani melawan.”

/TEMPO.CO,

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Photo Kecelakaan MOBIL XENIA 22 januari 2012 di tugu tani gambir jakarta pusat

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*