Menu Makanan Pengganti Beras Harus Dikembangkan

Padangsidimpuan. Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang Dan Aman (B2SA), non beras menjadi satu harapan bagi pemerintah untuk mengembangkannya dan berangsur bisa diterima masyarakat sebagai menu tambahan yang tidak hanya dapat menghemat, tetapi juga sehat dalam mengkonsumsinya.

Hal tersebutlah menjadi salah satu tujuan pemerintah Kota Padangsidimpuan mengadakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang Dan Aman (B2SA), non beras yang diselenggarakan Badan Ketahanan Pangan Dan Penyuluh Pertanian Kota Padangsidimpuan, di gedung SMKN 1, Jalan Sutan Soripada, Mulia, Padangsidimpuan, Kamis (27/8).

Ketua TP PKK Pemko Padangsidimpuan Ny Ade Aan Rostiani Andar Amin Harahap menilai, kelompok wanita tani (KWT) cukup bagus, kreatif, inovatif dalam mengolah bahan makanan non beras sehingga tampilannya menarik dan mengundang selera.

“Makanan non beras ini ternyata apabila diolah sedemikain rupa menghasilkan aneka makanan menarik dan enak dan tidak kalah dengan makanan olahan pabrik atau industri.

Kita akan membantu meningkatkan pengembangannya, sehingga menjadi makanan pengganti beras di tengah-tengah masyarakat,” kata Ade Aan.

Usai meninjau stand 10 KWT dari seluruh 6 Kecamatan se-Pemko Padangsidimpuan Ny walikota Padangsidimpuan, mengatakan, acara lomba seperti ini perlu terus digalakkan agar menu makanan non beras hasil petani ini semakin memasyarakat dan dapat memicu masyarakat untuk mengalihkan menu makanannya dari beras ke non beras yang berdampak terhadap meningkatnya nilai ekonomis hasil pertanian petani.

Baca Juga :  Bawa Sabu, Warga Siancimun Ditangkap

Kepala Badan Ketahanan Pangan Dan Penyuluh Pertanian HM Sholeh Nasution didampingi Kabid Penganekaragaman Konsumsi Dan Pangan Suparman R mengatakan, aneka hidangan makanan non beras yang ditampilkan KWT pada acara lomba ini diolah dalam rumahtangga berbahan baku ubi kayu, ubi jalar, talas, sagu dan jagung.

Walikota diwakili Asisten II Dr Ali Pada Harahap usai, mengatakan, kegiatan itu cukup besar manfaatnya apalagi ditengah mahalnya berbagai komoditi pangan.

“Jangan berhenti disini saja, kaum ibu harus menularkan keahliannya ditengah-tengah masyarakat dalam mengolah bahan pangan non beras sehingga masyarakat tertarik untuk mencobanya,” katanya.

Ketua DPRD diwakili Sekeretaris Fraksi PDIP Rudi Hermanto mendukung penuh pengembangan makanan non beras ini sehingga menjadi makanan kesukaan masyarakat.

“Makanan non beras ini karbohidratnya setara dengan beras, namun cukup aman bagi kesehatan karena tidak mengandung banyak gula,” katanya.


MedanBisnis – (ikhwan nasution)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*