Menuju Kategori Kelas C – RSU Sibuhuan Perlu Pembenahan

Rumah Sakit Umum (RSU) Sibuhuan didirikan semenjak 2003 oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Sayangnya sampai sekarang fasilitas ini belum menjadi tujuan utama  masyarakat Kabupaten Padang Lawas (Palas) sebagai tempat berobat. Rumah sakit ini perlu pembenahan.

Hal itu sebenarnya bukan dipicu dari sisi tenaga kesehatan yang belum memadai, tetapi untuk menuju pelayanan prima bagi masyarakat sudah jelas Rumah Sakit secara bertahap harus menuju Kategori Kelas C sejalan dengan kondisi fisik bangunan RSU Sibuhuan sepenuhnya perlu mendapat pembenahan.

Adapun bangunan fisik RSU Sibuhuan yang diresmikan oleh Bupati Tapsel HM Soleh (alm) ini belum tersedianya ruang rawat, ruang icu, rehabilitasi kamar operasi, dan ruang inap masih berjumlah 16 kamar, yang  semestinya minimal harus berjumlah 50 kamar.

Personel yang bertugas di RSU Sibuhuan berjumlah 104 orang, meliputi pegawai negeri sipil (PNS) berjumlah 52 orang, Non PNS berjumlah 52 orang, yang di dalamnya sudah tersedia 3 orang dokter umum., dimana 2 orang dokter membidangi spesialis penyakit dalam, dan 1 orang lagi dokter yang membidangi spesialis anak.

RSU Sibuhuan yang sudah beroperasi selama kurang lebih tujuh tahun ini pada mulanya dijabat Dr Dahlian, kemudian Dr Taslim dan sekarang di bawah pimpinan Dr Ahmad Lufti ditinjau dari pasien yang berobat dari 2009 ke 2010 mengalami peningkatan, buktinya pada 2009 PAD Palas dari RSU Sibuhuan Rp100 juta dan pada 2010 ini direncanakan mencapai Rp150 juta.

Baca Juga :  Hari Pertama Puasa Cuaca Palas Panas

Direktur RSU Sibuhuan Dr   Ahmad Lufti ketika dikonfirmasi BATAKPOS, Kamis (15/7) di ruang kerjanya menyatakan, di tahun 2010 ini oleh Pemerintah Kabupaten Palas telah merencanakan pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL), sehingga  pada 2011 nanti RSU Sibuhuan diprediksikan akan memperoleh sertifikat sebagai rumah sakit kelas C.

Ditambahkannya, untuk mendukung terbitnya kategori kelas C pihak RSU Sibuhuan juga telah melakukan penjajakan kerja sama dengan PT Askes Cabang Sibolga yang berguna untuk meringankan daya beli masyarakat Palas terhadap obat-obatan.

“Kemudian  dokter umum yang bertugas di RSU Sibuhuan sebelumnya telah dibekali dengan berbagai macam pelatihan kesehatan guna memberikan pelayanan tepat sasaran kepada masyarakat yang sedang berobat,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Dr Ahmad Lufti, untuk mengembangkan penggunaan sarana dan prasana yang telah tersedia, RSU Sibuhuan akan menjalin kerj sama dengan RSUD yang berada di Tabagsel dan bahkan di Sumatera Utara.

Sumber: http://batakpos-online.com/content/view/15512/42/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*