Merapi Meletus Dahsyat Siang Ini Setinggi 3,5 Kilometer

Mount Merapi Crater Merapi Meletus Dahsyat Siang Ini Setinggi 3,5 KilometerBaru saja pukul 11.30 WIB Gunung Merapi kembali meletus mengeluarkan awan panas setinggi hampir 3,5 kilometer. Ini merupakan letusan dahsyat kedua sepanjang, Jumat (5/11/2010) ini.

Terpantau dari Balerante tampak bola dan gulungan awan berwarna pekat vertikal dengan perkiraan ketinggian mencapai 3.500 meter. Karena tiupan angin dari utara dan timur laut, cendawan semburan bergerak ke arah barat dan barat daya. Sementara luncuran awan panas mengarah ke hulu Kali Gendol di arah tenggara.

Informasi ini merupakan pantauan langsung secara visual Jumat (5/11/2010) sekitar pukul 11.35 WIB. Sebagian lereng dan tubuh gunung diselimuti awan tebal berwarna hitam. Kegempaan terdeteksi cukup tinggi berdasar denging sinyal seismograf yang terpasang di beberapa pos pantau. Warga di lereng barat daya, tenggara, selatan, dan barat diminta ekstra waspada.

Seperti diberitakan, letusan dahsyat merapi sebelumnya juga terjadi pada Jumat dini hari tadi. Akibat letusan dahsyat itu tercatat 55 orang tewas hingga saat ini.

Daerah rawan pun diperluas dari semula 15 Kilometer kini meningkat jadi 20 kilometer.(Tribun Medan )

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*