Meski Menang SBY Belum Berani ke Belanda

Meski Pengadilan Belanda menolak salah satu gugatan dari Organisasi Republik Maluku Selatan (RMS) namun kubu SBY bergeming. Presiden belum menentukan waktu kapan akan berkunjung ke negeri Belanda setelah kegagalan kemarin.

“Memang salah satu dakwaan tentang imunitas ditolak Pengadilan Belanda, yang artinya tak bisa menangkap Presiden RI. Tapi itu baru satu dakwaan saja, sedangkan proses penagdilan masih berjalan, kami belum akan menjadwal lagi kunjungan ke Belanda,” kata Juru Bicara Kepresidenan, Teuku Faizasyah yang dihubungi Tribunnews.com, Rabu (6/10/2010).

Kubu Indonesia masih menunggu hasil putusan dari pengadilan Belanda itu. Tuntutan lain dari kubu  RMS yang masih akan disidangkan adalah tuntutan terkait kematian pemimpin RMS Dr Christian Robert Steven Soumokil di era Soeharto. RMS ingin mengetahui Soumokil ditembak dan dikubur di mana.

RMS juga menuntut agar Pemerintah Belanda mendesak Pemerintah Indonesia agar mau melakukan pertemuan dengan RMS.

“Nanti tunggu semua proses persidangan selesai, baru kita fikirkan untuk menjadwal ulang,” kata teuku Faizasyah.

Sebelumnya SBY secara tiba-tiba membatalkan lawatan ke Negeri Belanda. SBY tak terima dengan digelarnya pengadilan yang mendakwa pemerintah Indonesia saat ia berkunjung disana. Apalagi tuntutannya menangkap SBY saat tiba di Belanda.(*)

Sumber: http://www.tribun-medan.com/read/artikel/6947/Meski-Menang-SBY-Belum-Berani-ke-Belanda

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Marzuki Alie Usul Koruptor Dimaafkan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*