Kawanan Gajah Liar Serang Kawasan Pertanian Di Perbatasan Taman Nasional Way Kambas (TNWK)

Kawanan gajah liar kembali menyerang kawasan pertanian di perbatasan Taman Nasional Way Kambas (TNWK), hewan itu merusak tanaman milik sejumlah warga di daerah itu.

“Sejak sepekan lalu kawanan gajah liar yang masuk ladang penduduk mencapai 40 ekor. Pada malam terakhir, 70 ekor masuk ke ladang milik sejumlah warga setempat pada Senin (6/7) pukul 20.00 WIB, yang merusak sedikitnya tujuh hektare tanaman palawija, padi dan singkong warga kami,” kata Suhono, warga Desa Labuhan Ratu VI, Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Rabu (7/7).

“Daerah pertanian yang diserang meliputi Desa Labuhan Ratu VIda IX, di Kecamatan Labuhan Ratu,” paparnya.

Menurut dia, warga sudah berusaha menghalau gajah liar tersebut, namun karena jumlahnya cukup banyak maka warga meminta bantuan polisi kehutanan TNWK dan baru pukul 23.30 WIB serangan gajah dapat diatasi.

Dia mengatakan, kejadian gajah liar menyerang areal pertanian seperti hal tersebut bukan hal yang baru, sebab sudah terjadi sejak 1987 dan sampai sekarang masih berlangsung tanpa upaya serius dari pemerintah daerah untuk mengatasinya.

Kepala satuan Polhut TNWK Bustomi di Labuhan Ratu, mengatakan, setelah masuknya gajah liar di perladangan penduduk, pihak TNWK bersama polhut terus berpatroli di daerah perbatasan, upaya dilakukan salah satunya melalui normalisasi kanal, tetapi karena banyaknya kanal yang rusak membuat gajah liar kembali bisa melintas.

Baca Juga :  Timur Pradopo Resmi jadi Kapolri

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2010/07/07/154013/126/101/Gajah-Serang-Pertanian-di-Perbatasan-TNWK

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*