MIMPI JUTAAN UNTUK TIMNAS PSSI U-23 JADILAH PAHLAWAN SEPAKBOLA HARI INI

Tulisan ini saya buat untuk Pasukan seluruh Timnas PSSI U-23 khususnya yang turun bertanding pada hari ini. Kita sudah melihat/menonton baik secara langsung maupun secara media tv bagaimana perjuangan dan permainan timnas PSSI U-23 yang berlaga di SEA Games kali ini. Harapan menjadi pahlawan sepakbola Hari ini sangat terbuka lebar bagi para Pemain jika benar-benar berjuang dan pantang menyerah seperti yang ditampilkan saat-saat melawan Tim Vietnam kemarin, dimana setiap bola dipegang oleh lawan maka 1 atau 2 orang pemain TImnas U-23 sudah berusaha untuk merampas bola dari kaki lawan tanpa menunggu-menunggu. Sifat tanggung jawab pemain saat itu seperti punya tanggung jawab bahwa “bola lepas harus segera direbut tanpa harus menunggu”. Permainan cepat saat melawan Vietnam sangat diharapkan juga dapat ditunjukkan oleh TIM PSSI U-23 kali ini untuk merebut olahraga yang paling bergengsi di Sea Games ini. Selain Paling bergengsi juga ditambah dengan dukungan seporter yang sudah sangat mengharapkan meremukkan permainan Malaysia yang sering menganggap rendah Timnas PSSI seakan mengecek dan merendahkan harkat martabat Masyarakat Seluruh Indonesia disetiap pertandingan-pertandingan sepakbola antara Indonesia lawan Malaysia.

Pendukung dan masyarakat Indonesia sudah cukup bersabar dan tolerir terhadap kata-kata Harapan, hampir, sedikit lagi, nyaris tinggal selangkah lagi, hanya kalah sedikit dan alasan ini dan itu, baik yang pernyataan yang dikeluarkan oleh Pengurus PSSI, Pengurus KONI, Pemerintah, Pemain atau siapapun yang selalu memberikan harapan-harapan tersebut untuk masyarakat termasuk dari kalangan komentator yang sering lebih hanya sekedar mempopuleritaskan komentator itu sendiri.

Kebosanan terhadap kata-kata harapan, sedikit lagi, hampir saja, kalah terhormat, dan kata-kata apapun itu yang hanya menyenangkan masyarakat dari kekalahan demi kekalahan Timnas PSSI setiap pertandingan, kehausan kemenangan saat ini sudah tidak terbendung lagi dengan kata lain “HARUS MENANG”. Bukti itu sudah diperlihatkan masyarakat saat Timnas PSSI Senior melawan Iran beberapa saat lalu, Pengurus PSSI, panitia saat itu benar-benar melongo dan bisa dikatakan rugi besar saat itu akibat harapan-harapan yang selalu diumbar2 oleh pengurus, komentator, media yang sangat berlebihan sehingga masyarakat merasa sering tidak puas dengan perbandingan harapan yang diberikan dengan hasil yang sebenarnya.
Bisa saja nanti kalau Timnas U23 ini kalah akan ada komentar ini dan itu, namun satu hal dalam suatu memory / ingatan seseorang tidak ada yang lebih diingat dari pada kata JUARA 1. Banyak penghargaan yang diberikan dan disediakan Panitia untuk mengatakan penghargaan atas suatu prestasi, sebut saja goll terbanyak dan lainnya, tapi itu tidak mengharumkan masyarakat secara keseluruhan. Itu tidak lebih dari pada mengharumkan pribadi pemain itu sendiri jika hanya mendapatkan penghargaan itu tanpa dibarengi dengan JUARA I secara Team.

Baca Juga :  Songsong Pilkada, Masyarakat Madina Diminta Sportif

Suka tidak suka, harapan jutaan masyarakat saat ini diberikan ke pemain dan pelatih, karena memang mereka yang diterpilih untuk memperjuangkan harkat martabat bangsa saat ini dibidang Sepakbola. Ibaratkan Soekarno memperjuangkan harkat martabat bangsa Indonesia ini dengan penuh resiko-resiko tentunya, maka TImnas U23 juga tidak lebih daripada tugas seorang pahlawan saat ini diberikan dipundak demi pundak yang bermain. Tidak ada pilihan harus berjuang sampai memenangkan pertandingan. Harga diri harus dikedepankan untuk memompa semangat dan keberanian menantang Timnas Malaysia nanti sore. Dan biarlah masing-masing bermain dengan semangat Harga diri yang sudah bosan direndahkan dan saatnya menunjukkan Kita yang terbaik saat ini.
Kesan yang kita banggakan berangkali kalau kita lihat dari permainan saat Vietnam, bagaimana semua pemain aktif dan bekerjasama dan langsung berusaha bersama merebut bola secepatnya dari kaki Vietnam apabila bole direbut Vietnam, berani jatuh bangun bahkan dengan melayani perlawanan main keras Vietnam, dan hal itu sangat kita harapkan lebih lagi melawan Malaysia kali ini.

Jadi suka tidak suka, saat ini Timnas PSSI U23 sea games kali ini adalah pejuang Bangsa untuk Meningkatkan Harkat Martabat Bangsa saat ini yang harus kita doakan, semangati serta kita dukung dan yang namanya pejuang tidak ada pilihan selain kata kemenangan. Dan untuk Timnas PSSI U23 jangan sia-siakan harapan untuk mengatakan anda adalah PEJUANG dan PAHLAWAN saat ini bagi berjuta-juta masyarakat Indonesia. Kesempatan saat-saat seperti ini adalah kesempatan buat setiap Pemain Indonesia yang seharusnya menganggap beban berat itu menjadi tantangan yang menarik dan penuh pembuktian harga diri bahwa beban itu tidak berat bahkan lebih mengharapkan tantangan masyarakat lagi yang lebih besar di event-event berikutnya. Sehingga tidak terjadi lagi minimnya dukungan penonton terhadap pertandingan yang dialami Timnas Senior PSSI kemarin melawan Iran. Berjuanglah Timnas PSSI ku dan banggakan anda dengan anda adalah Harimau Indonesia bagi lawan kali ini…. Hidup atau mati kemenangan menjadi target yang tidak bisa ditawar-tawar, anda pemain yang menginginkan jadi Pejuang bagi kami, maka anda harus buktikan itu pada kami semuanya pada hari ini tanpa menganggap harapan itu menjadi beban berat namun menjadi pemacu semangat dan pembakar emosi yang terkendali saat bertanding nanti…. Bravoooooooooooooo Pelatih dan seluruh TImnas ku, kami masyarakat berterimakasih anda telah mau menerima tantangan dan beban berat kali ini….

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  BPBD Palas Sosialisasikan Kesiapsiagaan Bencana

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*