Minta Surat Edaran Sekdakab Dicabut – Masyarakat Datangi Kantor Bupati Samosir

Terkait adanya surat edaran yang menyatakan hasil perolehan suara yang ditetapkan KPU di Hotel Gorat beberapa waktu yang lalu, ratusan masyarakat berunjuk rasa ke Kantor KPU Kabupaten Samosir, Selasa (28/6).

Namun, karena kelima komisioner KPU Samosir tidak berada di tempat. Massa langsung menuju Kantor Bupati Samosir di Jalan Rianiate  meminta Sekda Kabupaten Samosir Tigor Simbolon yang juga sebagai Ketua Desk Pilkada Samosir 2010 untuk mencabut  surat edaran yang diedarkan ke gereja-gereja dan masjid.

Pengunjuk rasa ini tidak diperbolehkan memasuki wilayah kantor bupati. Dan mereka menyampaikan orasinya dari gerbang pintu masuk karena penjagaan yang ekstra ketat oleh aparat keamanan dari kepolisian dibantu Satpol PP.

Dari seratusan massa ini, Vincen Sihombing sebagai orator meminta sekda jujur dan adil menyampaikan hasil pesta demokrasi Samosir yang dilaksanakan pada 9 Juni lalu. Dan Vincen juga meminta agar sekda mencabut surat edaran tersebut karena gereja bukanlah tempat berpolitik.

Menjawab tuntutan massa,  Sekda Tigor Simbolon  menolak permintaan dimaksud dan mengatakan demi Kabupaten Samosir ia tidak mau mencabut surat edaran itu. Ditambahkan juga kalau memang ia salah dan melanggar undang-undang silakan laporkan kepada yang berwajib karena negara kita adalah negara hukum .

Aksi dorong pun sempat terjadi dengan aparat keamanan, dan massa melemparkan keranda beserta salib ke arah petugas di tengah aksi dorong tersebut dari kerumunan massa sempat terjadi pelemparan batu ke arah petugas dengan sigap aparat kepolisian mengejar pelaku namun tidak berhasil  ditangkap.

Baca Juga :  Wakil Walikota Sibolga Mengundurkan Diri

Melihat situasi yang semakin panas Wakapolres Samosir Kompol  Parulian G Silaban mengatakan, kepada massa agar segera membuat pengaduan ke polres  guna diselesaikan lewat jalur hukum.

Tidak ada korban yang jatuh dalam aksi tersebut,namun akibatnya para pegawai negeri sipil (PNS) di Setdakab sedikit terganggu.

Sumber: http://batakpos-online.com/content/view/15135/42/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*