Minum Kopi Plus Tidur Siang Punya Manfaat Dahsyat

Jakarta, Lelah dan mengantuk di siang hari? Beberapa orang mungkin menyarankan Anda untuk minum kopi atau tidur siang sesaat. Tapi mungkin ada baiknya Anda menggabungkan kedua aktivitas itu. Ya, minumlah kopi lalu lanjutkan dengan tidur siang dan rasakan manfaat dahsyatnya untuk mengusir lelah.

Minum kopi lalu tidur kedengarannya memang paradoks. Namun demikian studi membuktikan bahwa mengonsumsi kafein sesaat sebelum tidur siang manfaatnya jauh lebih baik ketimbang hanya minum secangkir kopi atau tidur siang tanpa asupan kafein. Minum kopi sebelum tidur siang dikenal sebagai coffe nap.

Menurut penelitian, kekuatan dahsyat perpaduan kopi dan tidur siang bermuara pada kimia tubuh. Jadi pada saat minum kopi dan dilanjutkan dengan tidur, kafein dan adenosine yang merupakan senyawa penyebab kantuk saling bersaing dan merangsang zat kimia yang terakumulasi di otak ketika seseorang terjaga dan menghilang pada saat seseorang tidur.

Kewaspadaan tubuh biasanya mencapai puncaknya setelah sekitar 30 menit mengonsumsi kafein. Jadi dengan tidur selama sekitar 20 menit, Anda dapat mengurangi jumlah adenosine. Dengan demikian, kafein bisa memiliki efek yang lebih besar.

Menurut peneliti tidur, Dr David Dinges, yang juga seorang profesor di departemen psikiatri di University of Pennsylvania, manfaat kafein dan tidur siang akan diperoleh dengan sempurna setelah seseorang yang telah mengonsumsi kopi bangun dari tidurnya. Hal itu disampaikannya kepada Huffington Post dan dikutip detikHealth pada Jumat (5/9/2014).

Baca Juga :  Puasa, Waspadai Gula Darah Terlalu Rendah

Dinges lantas mengingatkan sebuah studi tahun 2001 yang melibatkan 28 laki-laki dan perempuan. Dalam percobaan digabungkan pil kafein dosis rendah dan aktivitas tidur para relawannya. Dari percobaan itu, kafein berhasil mengatasi apa yang disebut sleep inertia. Sleep inertia adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk terjaga, di mana ototnya terasa lemah dan yang bersangkutan merasa mengantuk berat.

Sebelumnya pernah juga dilakukan percobaan yang menghubungkan kafein dan tidur siang. Dalam serangkaian studi yang digelar pada 1990-an, peneliti di Loughborough University, Inggris, menemukan bahwa minum secangkir kopi dan sesaat kemudian tidur siang selama 15 menit lebih baik dalam mengatasi rasa kantuk pengendara motor ketimbang hanya minum kopi saja atau tidur siang saja.

Jika Anda ingin meningkatkan kualitas tidur siang dengan kafein, pastikan tidak berlebihan. Sebab dengan konsumsi berlebihan maka kafein bisa mengganggu waktu tidur.

/health.detik.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*