Mobil Internet Bidik Sekolah-sekolah

SIDIMPUAN-Menuju masyarakat informasi Indonesia, Pemkab Tapsel menerima empat (4) unit mobil pusat layanan internet kecamatan atau mobil internet bantuan Menkominfo, Rabu (30/11) kemarin.

Sasaran pertama penggunaaan pusat layanan internet adalah sekolah-sekolah dan siswa, dengan harapan siswa-siswi calon generasi penerus bangsa bisa menguasai teknologi dan informasi.

Ke-4 unit mobil internet tersebut diterima Bupati Tapsel, H Syahrul M Pasaribu didampingi Wabup, H Aldinz Rapolo Siregar, Plt Sekdakab Tapsel, Ir Aswin Efendi Siregar MM bersama sejumlah sejumlah pimpinan SKPD.

Bupati didampingi Wabup, Kadis Perhubungan Tapsel, Raslan Sitompul, Kepala Bappeda, Saulian Sabbih, Kabag Humas Pemkab Tapsel, Ahmad Fauzi Ritonga, mengatakan, beban abodemen penggunaan jaringan internet Rp1 juta per mobil per bulan atau jadi Rp4 juta per bulan untuk 4 unit mobil internet, selama 4 tahun ke depan sesuai nota perjanjian akan ditampung dalam APBD.

“Masyarakat yang menggunakannya gratis,” ujar Bupati, Syahrul M Pasaribu kepada METRO, Rabu (30/11) kemarin.
Direncanakan, ke-4 unit mobil internet tersebut akan dibagi untuk 3 zona dan 1 unit mobil internet untuk mobile. Sasaran pertama adalah sekolah-sekolah dan siswa, dengan harapan siswa-siswi calon generasi penerus bangsa bisa menguasai tekhnologi dan informasi.

“Bagaimana nantinya dalam langkah awal ini anak-anak sekolah bisa menguasai tekhologi dan informasi dan baru seterusnya ke tengah-tengah masyarakat,” tutur Bupati.

Dimana, mobil internet tersebut sudah didesain sedemikan rupa baik meja laptop yang kiri kanan bodi mobil bisa tutup buka, kursi operator berada di tengah, tempat penyimpanan gencet dan lainnya . Mobil internet ini dilengkapi laptop 6 unit, LCD 1 unit, DVD 1 unit, kursi 6 unit, 6 untuk masyarakat pengguna dan 1 untuk operator, gencet 2.500 watt satu unit, kompas, parabola, cerver, toa dan pengeras suara, anti petir dan lainnya, dan atrian mobil pintar ini tinggal pakai saja.

Baca Juga :  Pengeroyokan Wartawan di Madina Dikecam

Kabid Informasi Dishub, Hamdi Pulungan menyebutkan, ketika dicoba, gencet 2.500 watt tersebut ternyata bisa menghidupkan 2 unit mobil internet tersebut. Di dinding mobil internet sejumlah motto agar masyarakat desa dan terpencil tidak ketinggalan informasi dan tekhnologi tertulis seperti ‘Jangan biarkan yang terpencil kian terkucil,’ dan lainnya. (neo/mer)

metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*