Monumen Sejarah di lapangan Merdeka, Pasar Gunungtua, kec. Pd. Bolak, Paluta terlantar

WASPADA ONLINE

GUNUNG TUA – Monumen (tugu perjuangan) kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan Merdeka, Pasar Gunungtua, kecamatan Padang Bolak, kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) kini terlantar, dan kondisinya sangat memprihatinkan.

”Monumen perjuangan kemerdekaan tersebut dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur di medan perang, namun kondisinya terlihat semakin tidak terurus dan terlantar,’’ ujar anak pejuang veteran, Darwin Siregar, tadi malam.

Dikatakan, lokasi tugu terlihat banyak sampah. “Seyogianya Pemerintah Kabupaten melakukan perawatan untuk pelestarian sejarah,” katanya.

Sekretaris Forum Kajian Kabupaten Padang Lawas Utara, Topan Harahap, mengatakan, pihaknya sangat menyesalkan dengan sikap Pemkab Paluta yang tidak peduli terhadap monumen sejarah.

‘’Seharusnya monument itu dilestarikan karena disamping memiliki nilai sejarah, juga bisa jadi taman kota,’’ tegasnya. Diharapkan, Pemerintah Kabupaten Paluta segera merawat monumen sejarah tersebut.
(dat04/wsp)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*