MotoGP Valencia – Stoner dan Rossi Berpisah di Podium

Jorge Lorenzo mengukuhkan dominasinya bersama Yamaha dengan memenangi seri pamungkas 2010 di Valencia. Casey Stoner dan Valentino Rossi masih bisa naik podium sebelum pindah tim tahun depan.

Stoner, yang musim depan akan kembali ke tim lamanya, Honda, finish sebagai runner up di Valencia, Minggu (7/11), meskipun ia sempat memimpin balapan dari awal sampai tujuh lap terakhir, sebelum dikalahkan Lorenzo.

Adapun Rossi, yang memperkuat Yamaha sejak 2004, hari ini resmi berpisah dengan pabrikan yang telah ia beri empat gelar juara itu. Musim depan ia bergabung dengan tim asal negaranya Italia, Ducati, mengisi tempat yang ditinggalkan Stoner.

The Doctor menandai perpisahannya itu dengan menaiki podium nomor tiga. Itu adalah kali ke-85 ia menjejak podium sepanjang karirnya di kelas primer Grand Prix bersama Yamaha.

Stoner mulus memulai balapan sebagai pemegang pole. Marco Simoncelli juga mempertahankan posisinya di tempat kedua, sedangkan Lorenzo cukup kerepotan. Dani Pedrosa starter terbaik karena dari urutan delapan bisa cepat menyodok ke lima besar.

Setelah tiga tikungan Pedrosa bahkan sudah berada di posisi kedua. Namun ia kemudian dibalap oleh Nicy Hayden, untuk berada di belakang Stoner.

Di lap kedua Lorenzo begitu ngotot untuk mengalahkan Simoncelli yang berada di urutan keempat. Ia nyaris jadi korban atas kengototannya itu ketika hampir terjatuh saat mencoba menyerang Simoncelli tikungan.

Tubuh Lorenzo sampai terangkat dari jok motornya, tapi ia betul-betul beruntung dan piawai untuk tidak terlempar ke aspal. Walaupun tercecer, tapi sang juara dunia masih bisa melanjutkan perlombaan.

Baca Juga :  Ranking FIFA - Peringkat Indonesia Naik

Dan Lorenzo bukanlah Nicky Hayden. Tidak dalam tekanan berarti dari rival di belakangnya, pembalap AS itu meluncur rebah karena terlalu kencang saat memasuki tikungan. Hayden terseret ke pasir, motor Ducati-nya terpelanting beberapa kali di udara. Hayden menutup musim ini dengan tidak menyenangkan.

Rossi mulai unjuk gigi di lap ketiga dengan mengambil posisi tiga besar dari Simoncelli. Lorenzo mengintip peluang yang sama, berharap bisa pula menyalip Simoncelli. Dan ia berhasil melakukannya di lap ketujuh, kali itu lebih mudah dibanding sebelumnya, ketika ia nyaris celaka.

Kini empat pembalap terbaik di musim ini bertarung dalam jarak dekat: Stoner, Pedrosa, Rossi dan Lorenzo.

Di lap 10 Rossi berhasil mendahului Pedrosa, dan Lorenzo mengikutinya pula. Honda kalah telak dari Yamaha. Ducati (Stoner) kini dikejar duo Yamaha. Rossi pun diburu rider Spanyol yang akan segera menjadi eks partnernya itu.

Rossi pada akhirnya harus  mengakui keunggulan Lorenzo. Di lap 12 ia disusul dari sisi kiri. Lorenzo kini memburu Stoner untuk sebuah harapan memenangi seri pamungkas dalam statusnya sebagai juara dunia (baru).

Stoner, yang di seri sebelumnya di Portugal tidak finish karena terjatuh dari motornya, mulai dalam tekanan hebat sejak lap 17. Lorenzo tampak “buas” mengejar pembalap Australia itu. Selama beberapa putaran mereka bertarung dalam jarak rapat, sedangkan Rossi mulai kedodoran dan sepertinya harus puas di tempat ketiga.

Kesempatan untuk mengalahkan Stoner akhirnya menghampiri Lorenzo di lap ke-23. Dan ia mempertahankannya sampai tujuh lap ke depan untuk menyempurnakan musimnya sebagai juara dunia baru MotoGP, dengan meraih kemenangan di seri penutup di salah satu sirkuit di negaranya, Spanyol.

Hasil MotoGP Valencia:

1. Jorge Lorenzo     Yamaha Factory     46:44.622
2. Casey Stoner     Ducati Marlboro Team     +04.576
3. Valentino Rossi     Yamaha Factory     +08.998
4. Ben Spies     Yamaha Tech 3     +17.643
5. Andrea Dovizioso     Honda HRC     +19.106
6. Marco Simoncelli     Honda Gresini     +20.674
7. Dani Pedrosa     Honda HRC     +26.797
8. Hector Barbera     Ducati Aspar     +29.288
9. Alvaro Bautista     Suzuki MotoGP     +29.451
10. Randy de Puniet     Honda LCR     +29.860
11. Aleix Espargaro     Ducati Pramac     +31.761
12. Colin Edwards     Yamaha Tech 3     +33.604
13. Marco Melandri     Honda Gresini     +36.622
14. Hiroshi Aoyama     Honda Interwetten     +38.968
15. Carlos Checa     Ducati Pramac     +56.169
16. Loris Capirossi     Suzuki MotoGP     –
17. Nicky Hayden     Ducati Marlboro Team . (detik.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Ada Paul Baru di Oberhausen

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*