MUI Soroti Film ‘?’ Karya Hanung

TEMPO Interaktif, Jakarta -Film “?” karya Hanung Bramantyo mendapat sorotan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kamis, 14 April 2011 siang, lembaga ini melakukan rapat tertutup di kantornya Jakarta. Dalam rapat itu, mereka juga mengundang produser film itu, Erick Tohir.

“Kami tadi berdiskusi mengenai film ini,” ujar Wakil Ketua Dewan Pimpinan Harian Majelis Ulama Indonesia (MUI), Slamet Effendy Yusuf, saat dihubungi Tempo, Kamis 14 April 2011.

Sayang Slamet enggan membuka hasil diskusi itu. “Ini rapat tertutup, jadi hasilnya juga tertutup,” ujarnya.

Dalam rapat itu MUI memutuskan membentuk tim untuk melakukan penilaian dan melakukan langkah-langkah lanjutan terhadap film yang tengah diputar di beberapa bioskop di Indonesia ini. “Saya sendiri yang bertindak sebagai ketua tim,” katanya.

Slamet membantah kabar lembaganya mengeluarkan fatwa haram terhadap film itu. “Tidak ada keputusan MUI yang menyatakan itu haram,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua MUI Pusat Bidang Budaya, Cholil Ridwan, kepada sebuah media menyatakan bahwa film “?” haram karena menyebarkan faham sekularisme, liberalisme dan pluralisme yang sudah diharamkan oleh MUI sebelumnya.

Soal ucapan Cholil Ridwan, Slamet mengatakan bahwa itu pernyataan pribadi. “Jadi bukan pernyataan institusi MUI. Tidak mungkin MUI memutuskan sesuatau haram atau halal semudah itu,” katanya.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Elton John Masih Dibayangi Kematian John Lennon

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*