Mulai Agustus 2014, Pemilik Kartu SIM Harus Melakukan Registrasi secara Langsung, Termasuk Pengguna Nomor Lama

Pada bulan mendatang, kebijakan baru dari pemerintah akan secara efektif mulai diberlakukan. Kebijakan tersebut adalah melakukan pengetatan sistem registrasi kartu SIM prabayar. Pemerintah melalui Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) kini mewajibkan kepada seluruh pemilik kartu SIM, baik lama ataupun baru, untuk melakukan registrasi secara langsung.

Registrasi tersebut tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemilik kartu seperti saat ini, di mana pengguna handphone bisa mengirimkan data ke nomor 4444. Selanjutnya, registrasi hanya bisa dilakukan oleh pihak penjual, oultet distributor serta gerai yang dimiliki oleh operator telepon. Pendaftaran tersebut pun diharuskan pada KTP pemilik kartu SIM.

Hal ini, menurut pemerintah, dilakukan untuk menghindari adanya pesan singkat spam yang saat ini kerap terjadi. Terlebih banyak yang sudah menjadi korban penipuan melalui SMS seperti contohnya adalah korban SMS mama minta pulsa dan sebagainya. Dengan pendaftaran secara langsung, maka hal ini diharapkan bisa diminimalisir./beritateknologi.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*