Murid SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo, Berhasil Bikin Kapal Motor

3793080p Murid SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo, Berhasil Bikin Kapal MotorSURABAYA, Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) meluncurkan Kapal Motor Caraka Esemka buatan para siswa SMK Negeri 3 Buduran, Sidoarjo, dari Dermaga Ditpolair, Tanjung Perak, Surabaya, Rabu (19/5/2010).

Kapal tersebut membawa Saifullah dan Direktur Polairud Polda Jatim Kombes Pol Anang S Hidayat berkeliling Selat Madura selama dua jam bersama lima awak kapal.

Saya berharap, harga jual kapal ini lebih kompetitif sehingga nantinya bisa dibeli Ditpolair sebagai kapal utama patroli dan bisa juga untuk digunakan para nelayan.

“Kami sangat mengapresiasi karena ini bukti bahwa siswa SMK ternyata sudah mampu membuat dan mendesain kapal,” kata Gus Ipul.

Kapal tersebut hasil kreasi 30 siswa kelas II dan kelas III SMK Negeri 3 Buduran yang mendalami bidang gambar rancang bangun. Mereka membuatnya sejak Januari 2010 dengan menghabiskan dana sekitar Rp 295 juta.

Menurut rencana, kapal tersebut akan akan diproduksi secara massal dan dijual seharga Rp 300 juta per unit. Badan kapal tersebut terbuat dari bahan aluminium dan dilengkapi mesin berkapasitas 115 PK yang dipinjam dari Ditpolair Polda Jatim.

“Saya berharap, harga jual kapal ini lebih kompetitif sehingga nantinya bisa dibeli Ditpolair sebagai kapal utama patroli dan bisa juga untuk digunakan para nelayan,” katanya.

Sementara itu, Anang S Hidayat mengakui, kapal tersebut sudah layak beroperasi, hanya perlu pengembangan desain. Bagian depan kapal tersebut berbentuk huruf “U”. Ia menginginkan kapal tersebut nanti dimodifikasi berbentuk huruf “V” sehingga mampu memecah ombak.

Baca Juga :  Ini 11 Wilayah yang Hanya Terdapat Calon Tunggal dan 1 Daerah Tak Ada Peminat

Dilengkapi mesin berkapasitas 115 PK, kapal tersebut mampu melaju dengan kecepatan rata-rata empat hingga enam mil per jam dan mampu mengangkut enam awak kapal.

Sumber: http://regional.kompas.com/read/2010/05/19/22305087/Murid.SMK.Berhasil.Bikin.Kapal.Motor-5

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*