Musim Hujan – Warga PadangsidimpuanDiimbau Peduli Lingkungan

Sumber: www.metrosiantar.com

SIDIMPUAN-METRO; Kepala Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan mengimbau kepada warga agar tidak bepergian bila hujan turun, memakai kelambu, dan lotion anti nyamuk pada malam hari, serta peduli lingkungan sekitar.

Tujuannya, mencegah mewabahnya berbagai penyakit yang ditimbulkan bila musim penghujan tiba maupun peralihan musim menjadi kemarau, seperti, penyakit demam, flu, malaria, demam berdarah dengue atau DBD hingga chikungunya.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan, Langgasari Nasution, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Masalah Penyakit (PMK), dr Aminuddin kepada METRO, Rabu (7/10) di ruang kerjanya.

Selain itu, kata dr Aminuddin, Dinkes juga akan rutin melakukan pengasapan atau fogging. Hal ini dilakukan mengingat musim penghujan kerap menimbulkan penyakit, seperti, DBD, malaria atau chikungunya yang beberapa waktu terakhir merebak di beberapa wilayah seperti Palas dan Tapsel. Maka dimungkinkan terjadi di Padangsidimpuan jika si penderita pernah bepergian ke daerah yang pernah terjangkit.

“Kita akan pantau terus perkembangan iklim karena selain penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) yang muncul juga yang paling kita khawatirkan adalah merebaknya penyakit DBD, malaria dan chikungunya yang diakibatkan berkembangbiaknya nyamuk aedes agepty di musim penghujan seperti sekarang ini dengan mempersiapkan fogging atau pengasapan dan antisipasi lainnya seperti memberikan penyuluhan untuk pemakaian kelambu dan lainnya,” terangnya.

Dikatakannya, hal ini dikhawatirkannya sebab dua minggu yang lalu salahseorang masyarakat Pulo Bauk, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, diduga menderita penyakit chikungunya dan saat ini sudah dalam masa pemulihan. Dari hasil selidik riwayat diketahui yang bersangkutan pernah bepergian saat lebaran lalu ke Kecamatan Batang Angkola, Tapsel dan dimungkinkan si penderita tergigit nyamuk pada saat bepergian ke tempat tersebut.

Baca Juga :  Buntut Dugaan Kutipan Masuk jadi Bidan PTT - Wali Kota Psp Diminta Copot Oknum Dinkes

“Bukan hanya karena peralihan cuaca saja tapi juga karena kita menemukan salahseorang warga diduga menderita penyakit chikungunya makanya kita melakukan pengawasan ketat agar penyakit tersebut tidak semakin menyebar dengan melakukan pengasapan di daerah-daerah yang selama ini kita angap rawan menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk seperti di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara dan lainnya jika tidak kita antisipasi secepatnya kita khawatirkan akan makin menyebar,” sebutnya. (phn)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*